Info

Studi Baru: Kemungkinan Virus Corona Sudah Ada di AS Sejak Akhir 2019

Amerika melaporkan adanya kasus virus corona pertama pada Januari 2020, sedangkan ilmuwan menemukan ada kasus pada Desember 2019.

Yasinta Rahmawati | Rosiana Chozanah

Ilustrasi virus corona Covid-19. (Shutterstock)
Ilustrasi virus corona Covid-19. (Shutterstock)

Himedik.com - Sebuah studi baru menunjukkan bahwa virus corona Covid-19 sudah menginfeksi orang Amerika Serikat sebelum terdeteksi di China. Ilmuwan memperkirakan virus penyebab Covid-19 tersebut sudah ada sejak Desember 2019.

Para peneliti studi, dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS, menganalisis lebih dari 7.000 donor darah yang dikumpulkan Palang Merah Amerika di 9 negara bagian antara 13 Desember 2019 hingga 17 Januari 2020.

Dari jumlah tersebut, 106 sampel ternyata sudah memiliki antibodi Covid-19, lapor Live Science.

Oleh karenanya peneliti menduga infeksi SARS-CoV-2 mungkin sudah muncul di AS akhir tahun lalu, lapor peneliti dalam makalah yang terbit di jurnal Clinical Infectious Disease, Senin (30/11/2020).

Pemerintah China melaporkan kasus pneumonia misterius (sekarang Covid-19) di Wuhan pertama kali pada 31 Desember 2019.

Ilustrasi virus corona, hidung, mimisan (Pixabay/mohamed_hassan)
Ilustrasi virus corona (Pixabay/mohamed_hassan)

Sedangkan di AS, kasus pertama dilaporkan pada 20 Januari 2020, seorang warga Washington yang saat itu baru pulang dari China.

Namun jauh sebelum penelitian ini, studi penelusuran oleh ilmuwan China menemukan kasus Covid-19 sudah ada pada 17 November 2019.

Sedangkan peneliti lain menemukan adanya antibodi SARS-CoV-2 dalam sampel darah yang dikumpulkan di Italia pada September 2019.

Apabila ditemukan antibodi dalam darah seseorang, artinya sudah ada Covid-19 sebelumnya, tetapi bukan berarti pemilik darah terinfeksi.

Ada kemungkinan antibodi terhadap virus corona lain dapat bereaksi silang untuk memberikan hasil yang positif.

Penampilan luar dan dalam virus corona Covid-19 (KAUST Discovery)
Penampilan luar dan dalam virus corona Covid-19 (KAUST Discovery)

Jadi, peneliti kembali memperhitungkan reaktivitas silang tersebut dan menemukan 84 dari 90 sampel yang diuji memiliki antibodi spesifik untuk SARS-CoV-2.

Para peneliti menggunakan tes yang sangat akurat untuk antibodi SARS-CoV-2. Tetapi bahkan tes seperti ini masih menghasilkan sejumlah kecil hasil positif palsu.

"Namun, jumlah hasil positif dalam studi baru ini lebih tinggi dari yang diharapkan dari hasil positif palsu saja," tulis peneliti.

Tetapi, untuk mengonfirmasi temuan ini, peneliti mengatakan mereka perlu menguji jejak materi genetik dari virus SARS-CoV-2 dalam jaringan manusia, air liur atau sampel darah pada saat itu.

Berita Terkait

Berita Terkini