Info

Kepala Pusing dan Detak Jantung Meningkat Setiap Berdiri, Mungkin Ini Penyebabnya!

Anda mungkin pernah mengalami pusing dan detak jantung meningkat ketika berdiri.

Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi pusing. (pixabay)
Ilustrasi pusing. (pixabay)

Himedik.com - Kepala pusing dan detak jantung meningkat berkali-kali disebut sebagai sindrom takikardia ortostatik postural atau POTS secara medis.

Dalam kondisi ini, seseorang akan merasa pusing ketika berdiri dan detak jantungnya akan lebih cepat. Kondisi ini akan mereda ketika mereka duduk atau beristirahat.

"Pada kasus POTS, pusing atau pingsan juga disertai dengan peningkatan cepat detak jantung lebih dari 30 detak per menit atau detak jantung yang melebihi 120 detak per menit, dalam waktu 10 menit setelah naik," kata laporan Institut Nasional Gangguan Neurologis dan Stroke AS dikutip dari Times of India.

Masalahnya mengkhawatirkan ketika seseorang berdiri tegak, itu hilang saat istirahat atau ketika orang itu duduk.

Gejala umum POTS adalah merasa pusing saat berdiri. Namun tidak hanya itu, ada beberapa tanda lain yang dialami seseorang bersamaan dengan hal tersebut.

Ilustrasi pusin (freepik.com) / katemangostar
Ilustrasi pusin (freepik.com) / katemangostar

Misalnya, seseorang dapat mengalami kelelahan, kegoyahan, kabut otak atau sulit berkonsentrasi dan jantung berdebar-debar bersamaan dengan kondisi utamanya.

Banyak juga orang yang pingsan di bawah tekanan kondisi tersebut. Orang yang memiliki POTS juga dapat memiliki gejala yang tidak biasa seperti sakit kepala, kembung, sembelit, kurang tidur atau insomnia, intoleransi terhadap panas dan sesak napas.

Karena sesak napas dan kelelahan, orang-orang ini dapat mengalami kesulitan dalam melakukan aktivitas fisik yang intens seperti berolahraga.

Ada 3 jenis POTS, antara lain POTS neuropatik, POTS hiperadrenergik, dan POTS volume darah rendah.

Terlepas dari posisi tubuh kita, detak jantung dan tekanan darah bekerja dalam koordinasi untuk menjaga tubuh berfungsi dengan baik.

Tetapi dalam kasus POTS, detak jantung dan tekanan darah tidak terkoordinasi dengan baik. Karena itu, tekanan darah berfluktuasi mempengaruhi orang tersebut ketika dia berdiri tegak atau melakukan pekerjaan fisik.

Pada wanita, mereka yang memiliki POTS pun akan merasakan kondisinya lebih buruk selama siklus menstruasi.

POTS paling banyak menyerang wanita dan mereka yang sedang dalam fase menstruasi serta fase pra-menopause.

"Semua orang bisa menderita POTS pada usia berapa pun, tapi mayoritas menyerang wanita antara usia 15 hingga 50 tahun," jelas laporan tersebut.

Beberapa wanita melaporkan peningkatan episode POTS tepat sebelum periode menstruasi mereka. POTS sering dimulai setelah kehamilan, operasi besar, trauma, atau penyakit virus.

Kondisi ini juga bisa terjadi setelah sakit parah. Para ahli juga mengatakan bahwa orang dengan penyakit autoimun, seperti penyakit celiac lebih rentan terhadap POTS.

Berita Terkait

Berita Terkini