Anak

Usia Berapa Anak Diajarkan Mengelola Keuangan? Baca Artikel Ini!

Kemampuan mengelola keuangan menjadi suatu hal yang penting untuk dipelajari. Ternyata lebih efektif jika diajarkan sejak usia dini.

Rauhanda Riyantama

Ilustrasi mengajarkan mengelola uang kepada anak. (Shutterstock)
Ilustrasi mengajarkan mengelola uang kepada anak. (Shutterstock)

Himedik.com - Kemampuan mengelola keuangan menjadi suatu hal yang penting untuk dipelajari. Kemampuan ini ternyata lebih efektif jika diajarkan sejak usia dini. Hal ini dibuktikan oleh studi yang dilakukan University of Cambridge yang mengungkapkan bahwa anak-anak mulai membentuk kebiasaan finansial pada usia tujuh tahun.

Oleh karena itu, Corporate Communications and Sharia Director Prudential Indonesia, Nini Sumohandoyo mengatakan sangat penting untuk memberikan pemahaman dasar mengenai keuangan pada anak-anak sejak usia tersebut.

"Kemampuan di bidang keuangan bisa diterapkan sejak dini. Misalnya bagaimana mengelola uang jajan yang diberikan sehari-hari, apakah dipakai untuk membeli makanan di kantin saja atau disiakan untuk menabung," ujarnya pada Workshop Kurikulum Cha-Ching di Jakarta, Sabtu (30/6/2018).

Nini menambahkan, tujuan dari memberikan pendidikan keuangan sejak dini adalah untuk memberikan pemahaman dasar mengenai pentingnya nilai uang sehingga diharapkan anak-anak dapat membuat keputusan finansial yang lebih baik saat dewasa.

Pasalnya, survei yang dilakukan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) 2016 lalu menyebutkan bahwa hanya lima dari 100 pelajar di Indonesia yang telah memiliki pemahaman yang baik tentang mengelola uang.

Workshop mengelola uang bertema 'Workshop Kurikulum Cha-Ching'  yang digelar oleh PT Prudential Life Assurance di Jakarta, Sabtu (30/6/2018). (Suara.com/Firsta Nodia)
Workshop mengelola uang bertema Workshop Kurikulum Cha - Ching yang digelar oleh PT Prudential Life Assurance di Jakarta, Sabtu (30/6/2018). (Suara.com/Firsta Nodia)

"Untuk membantu pemerintah meningkatkan literasi keuangan di Indonesia, kami, PT Prudential Life Assurance memperkenalkan kurikulum Cha - Ching khususnya untuk anak-anak berusia antara tujuh hingga 12 tahun," sambung President Director Prudential Indonesia, lens Reisch.

Ia menambahkan, dasar pengajaran dari kurikulum Cha - Ching adalah untuk menanamkan empat konsep utama dalam pengelolaan uang, yaitu memperoleh (earn), menyimpan (save), membelanjakan (spend), dan menyumbangkan (donate) uang dalam kehidupan sehari-hari.

"Cha - Ching adalah platform pendidikan keuangan global dari Prudential yang di kembangkan di Asia. Sejak 2015 lalu, Cha - Ching juga telah bekerja sama dengan lebih dari 20 Sekolah Dasar sekitar Jabodetabek melalui program Cha-Ching Goes to School," tambah Iens.

Sebelumnya, Prudential Indonesia, telah memperkenalkan Cha - Ching pada 2012 dan kemudian memasukkan nilai-nilai pengelolaan uang dasar dari Cha - Ching ke dalam kurikulum Sekolah Dasar di Sidoarjo, Jawa Timur pada 2017. Kurikulum Cha - Ching telah diimplementasikan di 602 sekolah di Sidoarjo dan menjangkau lebih dari 29.000 siswa Sekolah Dasar dan sekitar 1.000 guru.

Suara.com/Firsta Nodia

Artikel ini sudah dimuat di Suara.com dengan judul: Berapa Usia Tepat Mengajarkan Anak Mengelola Uang? Baca Ini

Berita Terkait

Berita Terkini