Anak

3 Cara Atasi Mual dan Muntah pada Anak dengan Bahan Alami

Berikan teh herbal karena aroma khasnya dapat membantu redakan rasa mual.

Angga Roni Priambodo | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi anak mual. (pixabay/RachelBostwick)
Ilustrasi anak mual. (pixabay/RachelBostwick)

Himedik.com - Mual dan muntah pada anak biasanya disebabkan oleh adanya gangguan pada sistem pencernaan. Selain itu, mual juga bisa disebabkan hal lain seperti mabuk perjalanan.

Terlepas dari apa penyebabnya, berikut cara atasi mual pada anak dengan bahan alami.

1. Jahe

Jahe memiliki sifat antispasmodik yang dapat membantu menghentikan rasa mual dan ingin muntah. Jadi jika anak mengeluh merasa mual segera seduh beberapa ruas jahe dengan segelas air panas. Diamkan selama 15 menit dan minta anak minum selagi masih hangat.

Jahe. (pixabay)
Jahe. (pixabay)

2. Minuman isotonis

Memberikan cairan isotonis seperti oralit akan membuatnya merasa lebih baik dan dapat mencegah rasa mual datang kembali. Tapi jangan biarkan anak minum sekaligus, suruh minum secara perlahan dan bertahap agar lambung beradaptasi.

3. Teh herbal

Selain sebagai obat mual, teh juga berperan sebagai cairan pengganti untuk menghindari anak mengalami dehidrasi karena muntah. Bunda bisa berikan teh chamomile atau daun mint karena aroma khasnya dapat membantu meredakan rasa mual.

Demikian 3 obat mual dan muntah untuk anak yang terbuat dari bahan alami. Jika kondisi anak tak kunjung membaik, segera bawa ke dokter ya bun.

Berita Terkini