Anak

3 Jenis Gaya Belajar Anak yang Wajib Mom Tahu

Gaya belajar anak dibagi menjadi visual, audiotori, dan kinestetik.

Dinar Surya Oktarini | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi anak belajar. (pixabay/rawpixel)
Ilustrasi anak belajar. (pixabay/rawpixel)

Himedik.com - Banyak anak malas dan mengeluh ketika disuruh belajar atau bahkan sekolah. Tak jarang hal itu membuat sang ibu geregatan dan memarahinya.

Tunggu mom, bisa jadi anak malas belajar karena media pembelajaran memang tak sesuai dengan gaya belajarnya. Inilah yang harus mom telusuri lebih jauh bukan malah memberondongnya dengan amarah.

Gaya belajar sendiri merupakan cara yang digunakan seseorang dalam mempelajari sesuatu. Macamnya ada tiga yaitu visual, audiotori, dan kinestetik.

1. Visual

Gaya belajar ini mengandalkan indra penglihatan. Anak dengan gaya belajar ini menggunakan gambar, bagan, dan hal-hal yang menggunakan kemampuan visualnya untuk belajar.

2. Audiotori

Berbeda dengan visual, anak dengan gaya belajar audiotori akan lebih mudah memahami pelajaran dengan mengandalkan indra pendengaran (mendengarkan).

Jadi, ketika anak tidak mau belajar di rumah jangan langsung memarahinya. Bisa jadi anak memang memiliki gaya belajar audiotori, sehingga ia lebih mudah belajar jika ada yang menjelaskan langsung padanya, seperti guru menjelaskan di depan kelas.

3. Kinestetik

Anak dengan gaya belajar kinestetik akan mengandalkan kemampuan fisiknya karena ia cenderung tidak bisa diam pada satu tempat. Ia belajar dengan cara menyentuh.

Masalahnya tidak semua guru menyadari bahwa anak memiliki gaya tersendiri dalam bejalar. Jika ada anak yang selalu bikin gaduh dalam kelas, sang guru langsung memarahi.

Tindakan yang dilakukan guru memang tidak salah karena dapat menganggu siswa yang lain. Akibatnya anak menjadi tidak semangat mengikuti pelajaran karena anak dengan gaya belajar kinestetik tidak bisa mengekspresikan dirinya.

Sebaliknya ia akan menjadi semangat ketika ada kegiatan di luar kelas, seperti praktikum atau olahraga.

Itulah tiga gaya belajar anak yang wajib mom tahu. Jadi, jangan asal marah ya mom kalau anak tidak mau belajar.

Berita Terkait

Berita Terkini