Info

Tiga Manfaat Mengonsumsi Daun Kenikir

Daun kenikir mengandung vitamin A, C, E, dan sejumlah nutrisi lain yang baik untuk kesehatan.

Galih Priatmojo | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Tumbuhan kenikir. (pixabay)
Tumbuhan kenikir. (pixabay)

Himedik.com - Bagi sebagian masyarakat tentu tak asing dengan daun kenikir. Daun ini sering dijumpai pada sajian sayur atau urap. Tumbuhan ini memiliki bunga cantik berwarna oranye. Sering juga disebut sebagai bunga marigold.

Bagi kamu yang belum pernah konsumsi daun bunga marigold ini, tak perlu ragu untuk mencobanya. Pasalnya, daun ini mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan. Berikut penjelasannya.

1. Obat maag
Kandungan zat hydroxiugfenol, tokoferol, dan pholyphenols, dalam daun kenikir terbukti mampu menetralisir kadar asam lambung. Selain itu konsumsi daun kenikir juga dapat mengatasi gangguan lambung lainnya seperti menguatkan otot sfingter lambung.

2. Mengatasi bau mulut
Meskipun terkesan sepele, tapi masalah bau mulut bisa mengganggu komunikasi kita dengan orang lain. Apalagi jika pekerjaan menuntut untuk banyak berkomunikasi, maka hal ini bisa menjadi masalah besar.

Di sinilah manfaat daun kenikir. Kandungan koniferil alkohol di dalamnya yang bersifat sebagai antibakteri terbukti mampu membersihkan kuman di lidah penyebab bau mulut.

3. Meningkatkan sistem imun
Daun kenikir mengandung vitamin A, vitamin C, dan vitamin E. Kandungan vitamin C di dalamnya terbukti dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Sedangkan vitamin A dan E baik untuk imunitas tubuh.

Selain itu, daun kenikir juga mengandung protein yang berperan dalam membantu pembentukan fagosit yang mana bertindak untuk meningkatkan sistem imun.

Itulah tiga manfaat daun kenikir untuk kesehatan. Semoga bermanfaat!

Berita Terkini