Info

Kandungan Air Rebusan Pembalut yang Bisa Bikin Fly

Berita mengenai remaja yang minum air rebusan pembalut menjadi sorotan.

Rauhanda Riyantama | Yuliana Sere

Pembalut (khoobsurati)
Pembalut (khoobsurati)

Himedik.com - Tren menyimpang minum air rebusan pembalut sudah menjamur ke beberapa daerah, termasuk Jawa Tengah dan Jakarta.

Beberapa remaja yang melakukan aksi ini bertujuan untuk mengganti narkoba berjenis pil atau sabu dengan mengonsumsi air rebusan pembalut.

Seperti yang kita tahu, pembalut terbuat dari bahan-bahan yang memang didesain bukan untuk dikonsumsi.

Badan Narkotika Nasional pun juga sudah ambil bagian dalam menelusuri masalah ini. Dilansir dari beberapa sumber, berikut kandungan yang ada di dalam pembalut.

1. Gel penyerap

Pada umumnya, pembalut terdiri dari gel penyerap yang terbuat dari campuran katun atau serat selulosa yang terbuat dari bubur kayu. Tujuannya untuk menyerap cairan dalam jumlah tertentu sehingga wajib untuk diganti dalam beberapa jam sekali.

2. Pewangi

Sejumlah pembalut diberikan wangi khusus sehingga bisa mengurangi bau tidak sedap. Pastinya pewangi ini sudah teruji secara klinis sehingga aman untuk digunakan.

Apalagi ini berhubungan langsung dengan area kewanitaan di mana ada sejumlah wanita yang memiliki kulit sensitif.

Pembalut (TheMagZone)
Pembalut (TheMagZone)

3. Klorin

Klorin sebagian besar digunakan untuk memutihkan pakaian, kertas atau pun air. Menurut Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), klorin dilarang penggunaannya karena berbahaya bagi kesehatan.

Klorin yang digunakan dalam makanan atau obat-obatan sangat dilarang karena bersifat korosif serta bisa mengiritasi mata, kulit serta saluran pernapasan.

Sifatnya yang bisa mengiritasi bahkan bisa mengikis organ tentu bisa membahayakan jika dikonsumsi.

Selain beberapa kandungan di atas, pembalut juga terdiri dari silicon coated paper, holt melt adhesive, tissue pulp, non woven, pulp, super absorbent polymer (SAP), polyethylene backsheet.

Namun sampai saat ini belum ada penelitian bahan apa dalam pembalut yang sebenarnya membuat seseorang fly.

Tentu tindakan para remaja ini bisa dibilang konyol karena pada dasarnya pembalut digunakan untuk menampung darah menstruasi bukan untuk dikonsumsi.

Berita Terkait

Berita Terkini