Info

Nonton TV dan Film, Sinema Terapi untuk Mental Sehat saat Pandemi Corona

Saat harus tetap berada di rumah pada situasi pandemi corona, rasa bosan dan tertekan sering kali dirasakan, nonton TV dan film bisa jadi solusi yang baik.

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana

Ilustrasi nonton TV. (Pixabay/mojzagrebinfo)
Ilustrasi nonton TV. (Pixabay/mojzagrebinfo)

Melansir dari Insider, saat pandemi corona para ahli merokomendasikan untuk menonton tayangan komedi, film ceria, ringan, drama pertunjukkan, drama favorit, hingga tayangan bertema keluarga.

"Saat ini, sangat penting bagi orang untuk menjaga semangat" kata Sproul pada Insider.

"Karena kita dibanjiri dengan konten yang sangat serius, komedi dan pertunjukkan yang baik dapat memberikan humor yang kita butuhkan untuk memberi kita keseimbangan dalam kehidupan kita sehari-hari," tambahnya.

Menurut Sproul, penelitian telah menunjukkan bahwa humor bersifat katarsis dan dapat memberi ketenangan saat stres, ketakutan dan cemas.

"Secara pribadi, saya tidak ingin menonton film horor dalam waktu seperti ini, tetapi mungkin genre favorit orang lain berbeda," tambah Sproul.

Ilustrasi menonton film, menonton televisi. [Shutterstock]
Ilustrasi menonton film, menonton televisi. [Shutterstock]

Sementara itu, Synder juga mengarahkan ke tontonan ber-genre ringan seperti komedi dan petualangan keluarga.

"Gunakan penilaian Anda sendiri untuk memutuskan tontonan apa yang membuat Anda merasa paling baik. Ingatlah bahwa apa yang Anda tonton itu adalah makanan untuk otak Anda, memberi makan untuk kesehatan mental Anda," kaya Synder.

Dilansir dari Insider, terapi sinema banyak digunakan oleh para ahli sebagai penghilang stres dan terapi kesehatan mental.

"Banyak terapis meresepkan televisi atau film kepada klien untuk membantu mereka mendapatkan wawasan atau melihat bagaimana orang lain menghadapi masalah serupa dalam kehidupan," kata Sproul.

Jadi, dengan pilihan tontonan yang tepat, Anda mungkin benar-benar melakukan terapi kesehatan mental yang baik selama pandemi.

Berita Terkait

Berita Terkini