Info

Gejala Virus Corona, Coba Cek Suhu Tubuh Lewat Punggung dan Dada!

Suhu tubuh tinggi termasuk gejala virus corona Covid-19 yang bisa dideteksi melalui dada dan punggung.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi mengecek suhu tubuh lewat dada (Pixabay/Pexels)
Ilustrasi mengecek suhu tubuh lewat dada (Pixabay/Pexels)

Himedik.com - Gejala virus corona Covid-19 utamanya adalah suhu tubuh tinggi, batuk, dan kesulitan bernapas yang bisa dideteksi lebih dini di rumah.

Anda bisa mengetahui suhu tubuh naik jika mengukurnya dengan termometer. Anda juga bisa menyentuh bagian dada dan punggung untuk merasakan tubuh lebih panas dari biasanya atau tidak.

Normalnya, suhu tubuh manusia berkisar antara 36,1 hingga 37 derajat celcius. Suhu tubuh di atas 37 derajat celcius sudah dianggap demam.

Sehingga Anda bisa memeriksanya dengan termometer yang mudah diperoleh di apotek. Anda bisa menggunakan termometer yang masuk di mulut, telinga, ketiak atau termometer tembak.

Selain demam tinggi, batuk terus-menerus dan hilangnya indra penciuman serta perasa juga termasuk gejala umum virus corona Covid-19.

Ilustrasi virus corona, hidung, mimisan (Pixabay/mohamed_hassan)
Ilustrasi virus corona, hidung, mimisan (Pixabay/mohamed_hassan)

Cara mengatasinya

Jika suhu tubuh tinggi, NHS menyarankan perbanyak istirahat dan minum banyak cairan untuk menghindari dehidrasi. Minumlah cukup air sehingga kencing berwarna kuning muda atau bening

Anda juga harus minum parasetamol dan ibuprofen jika merasa tidak nyaman. Ada beberapa laporan tentang obat penghilang rasa sakit anti-inflamasi, seperti ibuprofen, yang membuat virus corona semakin parah.

Komisi Obat-obatan Manusia sekarang telah mengonfirmasi bahwa tidak ada bukti jelas bahwa minum ibuprofen untuk mengobati gejala seperti suhu tinggi membuat virus corona semakin parah.

Jika Anda mengalami gejala utama virus corona Covid-19, lakukan tes untuk memastikan Anda telah terinfeksi atau tidak.

Selama menunggu hasil tes virus corona Covid-19, Anda dan orang yang tinggal satu rumah disarankan untuk mengisolasi mandiri.

Berita Terkait

Berita Terkini