Info

Catat! 5 Makanan yang Berguna untuk Kesehatan Mata Selain Wortel

Tak cuma wortel yang bisa bikin mata sehat.

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi mata. (unsplash)
Ilustrasi mata. (unsplash)

Himedik.com - Penelitian telah menunjukkan bahwa makan makanan kaya beta-karoten seperti wortel, membantu mendukung kemampuan untuk melihat di malam hari serta melihat dalam pencahayaan redup.

Namun selain wortel, ada asupan lain yang juga mampu mendukung kesehatan mata. Dirangkum dari Verywell Health, berikut makanan yang direkomendasikan ahli gizi yang kaya akan nutrisi penting untuk membantu menjaga kondisi mata sehat.

1. Telur

Karotenoid adalah antioksidan dengan banyak peran dalam tubuh, beberapa di antaranya berhubungan dengan penglihatan. Dua karotenoid (lutein dan zeaxanthin) telah diidentifikasi memiliki potensi untuk membantu melindungi mata dari cahaya biru

Telur, terutama di bagian kuningnya, secara alami mengandung lutein dan zeaxanthin. Penelitian baru-baru ini menunjukkan bahwa konsumsi telur dalam jumlah sedang secara signifikan mengurangi risiko pengembangan degenerasi makula terkait usia tahap akhir selama 15 tahun.

Ilustrasi anak dan telur (Unsplash/@hannahtasker)
Ilustrasi anak dan telur (Unsplash/@hannahtasker)

2. Sayuran berdaun hijau

Baik kangkung, sawi atau bayam, semua sayuran berdaun hijau kaya akan lutein dan zeaxanthin. Coba tambahkan segenggam sayuran ke smoothie Anda, sajikan sebagai makan malam, atau bahkan orak-arik dengan telur dan menu lain

3. Stroberi

Stroberi dikemas dengan nutrisi yang mendukung kesehatan seluruh tubuh tetapi menawarkan beberapa manfaat kesehatan mata. Satu cangkir stroberi memiliki semua vitamin C yang Anda butuhkan dalam satu hari.

Penelitian juga menunjukkan bahwa vitamin C dapat membantu mengurangi risiko terkena katarak pada populasi tertentu.

4. Kismis hitam (blackcurrant)

Kismis hitam dan makanan apa pun yang secara alami berwarna merah atau ungu (seperti blueberry dan kentang ungu) merupakan sumber yang kaya akan flavonoid alami yang disebut anthocyanin .

Antosianin tampaknya memiliki efek relaksasi pada otot mata Anda (otot siliaris). Mampu mengendurkan otot-otot ini merupakan bagian penting dari pengobatan glaukoma . 11 nutrisi juga mungkin membantu mencegah peradangan di mata.

5. Saffron

Saffron adalah bumbu serbaguna yang telah digunakan di seluruh dunia selama berabad-abad. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi safron dalam jumlah tertentu dapat membantu meningkatkan penglihatan.

Mungkin juga membantu meningkatkan sensitivitas retina pada orang dengan awal degenerasi makula.

Berita Terkait

Berita Terkini