Info

Jangan Salah Pilih, Ini 5 Sayuran yang Baik Bagi Pasien Diabetes Tipe 2!

Ada beberapa sayuran yang bisa membantu menjaga kadar gula darah, khususnya pada penderita diabetes tipe 2.

Shevinna Putti Anggraeni

Sayuran. (pixabay/sponchia)
Sayuran. (pixabay/sponchia)

Himedik.com - Jaga kadar gula darah tetap terkontrol dengan mengonsumsi makanan sehat salah satu cara yang harus dilakukan penderita diabetes tipe 2. Anda mungkin berpikir makanan sehat itu artinya mengonsumsi berbagai jenis sayuran.

Tapi, banyak penderita diabetes tipe 2 mungkin belum tahu kalau beberapa jenis sayuran bisa menyebabkan lonjakan kadar gula darah tinggi.

Karena itu, penderita diabetes harus memperhatikan peringkat GI dalam sayuran. GI adalah kependekan dari Glycemic Index, yang merupakan sistem penilaian makanan berdasarkan kandungan karbohidratnya.

Misalnya, kentang yang merupakan sayuran bertepung dengan GI tinggi dan memiliki kandungan karbohidrat tinggi.

Karbohidrat merupakan kelompok makanan yang perlu diwaspadai oleh penderita diabetes. Karena, makanan ini memiliki pengaruh signifikan terhadap kadar gula darah.

Ilustrasi sayuran (Pexels/Daria Shevtsova)
Ilustrasi sayuran (Pexels/Daria Shevtsova)

Sebab, karbohidrat dipecah dengan cepat menjadi glukosa dan diserap ke dalam aliran darah yang bisa menyebabkan gula darah tinggi bagi penderita diabetes, terutama jika penderita makan banyak karbohidrat sekaligus.

GI sangat berguna bagi penderita diabetes, karena menunjukkan seberapa cepat makanan itu mempengaruhi gula darah Anda. GI menilai makanan dari 0 hingga 100 dengan glukosa murni, yang memiliki GI 100 biasanya sebagai referensi.

Makan dengan GI tinggi akan lebih cepat dipecah menjadi gula atau glukosa yang bisa menyebabkan kadar gula darah melonjak tinggi. Makanan ini termasuk minuman manis, roti putih dan kentang yang memiliki kadar GI sekitar 78.

Sedangkan dilansir dari Express, makanan dengan kadar GI rendah akan dipecah dan diserap lebih lambat, sehingga membantu menjaga kadar gula darah terkontrol dengan baik. Makanan GI rendah termasuk buah, sayuran, kacang-kacangfan dan biji-bijian.

Adapun beberapa sayuran yang bisa membantu menjaga kadar gula darah tinggi, antara lain:

1. Brokoli

Brokoli adalah sayuran berdaun hijau yang memiliki kadar GI hanya 10. Sayuran ini cukup tinggi serat, serta penuh dengan vitamin A, C dan K.

2. Tomat

Sekitar 140 gram tomat hanya memiliki kadar GI 15, sehingga sayuran ini sangat baik untuk membantu mengontrol kadar gula darah.

3. Kacang polong

Kacang polong merupakan makanan pokok murah yang memiliki kadar GI 39. Selain baik untuk mengontrol kadar gula darah, kacang polong memberikan tambahan asupan kalium, zat besi, dan serat.

4. Wortel

Wortel memiliki kadar GI yang sangat rendah, yakni 14 ketika mentah dan 41 jika sudah direbut. Meskipun wortel rasanya manis, sayuran ini rendah pati sehingga GI tetap rendah dan baik untuk mengontrol kadar gula darah.

5. Ubi jalar

Ubi jalar juga termasuk makanan dengan GI rendah yang bisa menjadi pengganti kentang jika tidak ada. Saat direbus selama 30 menit, ubi jalar memiliki kadar GI 46.

Berita Terkait

Berita Terkini