Wanita

Mengapa Ukuran Payudara Besar Sebelah? Normalkah Hal Ini?

Simak ulasannya.

Rauhanda Riyantama | Yuliana Sere

Ukuran payudara yang berbeda. (India.com)
Ukuran payudara yang berbeda. (India.com)

Himedik.com - Pernah perhatikan ukuran kedua payudaramu? Sebagian mengatakan ukurannya sama namun tidak sedikit juga yang memiliki ukuran yang berbeda.

Ketakutan memiliki payudara besar sebelah memang hampir terjadi pada banyak wanita. Untuk itu, HiMedik ingin mengulas apakah normal memiliki ukuran payudara yang berbeda antara bagian kiri dan kanan.

Menurut Dr Jayashree Sundar, Konsultan Senior, Obstetri dan Ginekologi, Max Multi Specialty Centre, Panchsheel Park, ada beberapa alasan kenapa hingga ukuran payudara bisa berbeda satu dengan yang lain.

1. Itu adalah hal normal

Dilansir Timesofindia, ini umum terjadi pada setiap wanita. Dalam beberapa kasus, ini terjadi akibat masalah anatomi. Sebagian besar bagian tubuh kita tidak simetris dan tidak ada yang salah dengan perbedaan ukuran tersebut.

Ukuran payudara yang berbeda. (Health Magazine)
Ukuran payudara yang berbeda. (Health Magazine)

2. Perubahan hormonal

Alasan lainnya adalah perubaha hormonal pada masa pubertas. Perubahan ini dapat menyebabkan satu payudara mulai tumbuh sebelum yang lain, namun kadang berhenti tumbuh di saat yang bersamaan.

Kadang-kadang perbedaannya dapat diabaikan dan hampir tidak diperhatikan.

3. Bagi ibu menyusui

Menurut Dr Sundar, ''Ibu menyusui cenderung mengalami payudara dengan ukuran yang tidak rata karena kadang-kadang mereka memberi makan bayinya hanya dari satu payudara.

Ini dapat menyebabkan perbedaan ukuran payudara mereka. Ibu dapat mencoba memberi makan bayi dari kedua payudara untuk mempertahankan simetri.''

4. Genetika

Dalam kebanyakan kasus, tidak ada penyebab yang diketahui dari perkembangan payudara yang tidak sama.

Namun, dalam kasus-kasus tertentu, itu bisa karena alasan genetik. Gen juga dapat bertanggung jawab untuk ukuran payudara yang tidak rata. Ini karena gen memainkan peran penting dalam menentukan kekuatan ligamen dan elastisitas kulit.

5. Benjolan di payudara

Benjolan payudara adalah pertumbuhan jaringan yang berkembang di payudara. Benjolan payudara ini sering dianggap sebagai kanker tetapi juga bisa sebagai non-kanker.

Cedera traumatis di payudara juga dapat menyebabkan benjolan di payudara. Alasan lain dari benjolan payudara adalah payudara fibrocystic, suatu kondisi yang menyebabkan payudara wanita terasa seperti gumpalan.

Ini adalah kondisi umum dan tidak berbahaya. Namun, jika kamu merasakan nyeri payudara konstan, segera periksa ke dokter.

Berita Terkait

Berita Terkini