Wanita

Nyeri Saat Kencing Bisa Jadi ISK, Apa Obatnya?

Infeksi saluran kemih (ISK) bisa diobati dengan hanya konsumsi jeruk.

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Jeruk. (pixabay)
Jeruk. (pixabay)

Himedik.com - Salah satu penyakit yang sering dialami wanita adalah infeksi saluran kemih (ISK). Ini karena jarak antara uretra (saluran kemih) dan anus sangat dekat sehingga memungkinkan bakteri yang ada di anus masuk ke dalam saluran kemih.

Selain bakteri, iritasi setelah berhubungan intim juga bisa menjadi penyebabnya. Gejala ISK paling umum berupa rasa nyeri ketika buang air kecil. Untuk mengobatinya, kamu bisa memanfaatkan bahan alami berikut.

1. Kunyit

Kandungan kurkumin dalam kunyit memiliki sifat antijamur, antibakteri, dan antiinflamasi yang dapat mencegah pertumbuhan bakteri penyebab penyakit. Cara mengonsumsinya, campurkan segelas susu dengan bubuk kunyit secukupnya.

2. Jahe

Jahe. (pixabay)
Jahe. (pixabay)

Jahe mengandung senyawa gingerol yang berperan sebagai antibakteri yang dapat mencegah pertumbuhan bakteri dalam ginjal. Nah, coba rutin minum wedang jahe supaya ISK berangsur membaik.

3. Jeruk

Jeruk dapat meningkatkan kadar keasaman dalam ginjal. Hal ini tentunya menguntungkan karena bakteri akan sulit tumbuh dalam kondisi asam. Cukup konsumsi buah jeruk di pagi hari setelah sarapan untuk menyembuhkan ISK.

Demikian beberapa obat infeksi saluran kemih alami yang bisa kamu racik sendiri di rumah. Selamat mencoba!

Berita Terkait

Berita Terkini