Anak

Posisi Tidur yang Aman untuk Bayi

Hindari tidur dengan posisi miring dan tengkurap

Rauhanda Riyantama | Krishnayanti C

Bayi tidur (unsplash.com)
Bayi tidur (unsplash.com)

Himedik.com - Bayi yang baru lahir hingga umur sekitar enam bulan akan menghabiskan waktunya untuk tidur. Sebagai ibu, kita harus memperhatikan posisi tidur bayi kita, karena posisi tidur yang salah akan menyebabkan masalah yang fatal.

Umumnya, bayi memerlukan waktu 12 hingga 15 jam untuk tidur. Maka tak heran lamanya waktu tidur bayi membuat dia sering berganti posisi tidur.

Seperti orang dewasa, bayi juga tidur dengan posisi yang beragam seperti telentang, miring, ataupun tengkurap. Namun tahukah Anda bahwa posisi tidur miring pada bayi harus dihindari.

Hindari Posisi Tidur Miring dan Tengkurap Pada Bayi

Bayi tidur (unsplash.com)
Bayi tidur. (unsplash.com)

Sebagian orang tua membiarkan bayinya tidur dengan posisi miring, karena mereka tidak tahu bagaimana menempatkan bayi tidur dengan posisi yang benar dan aman.

Sebuah penelitian menyatakan bahwa bayi tidur dengan posisi miring ada hubungannya dengan kematian di ranjang. Mengapa demikian?

Posisi tidur miring pada bayi dapat membahayakan kesehatan. Bayi tidur miring sering berakhir dengan posisi tidur tengkurap. Hal ini membuat perut bayi berada di bawah tubuhnya yang kemudian meningkatkan bayi pada risiko sindrom kematian bayi mendadak (SIDS).

Tidur tengkurap dapat membuat bayi kekurangan oksigen karena wajah menempel pada kasur. Kemungkinan juga kasur atau sprei anda mengandung mikroba yang dapat mengganggu pernapasan bayi.

Oleh karena itu, tempatkan bayi Anda pada posisi tidur telentang. Hal ini penting untuk enam bulan pertamanya. Tak hanya itu, posisi tidur telentang bayi juga meminimalisir SIDS sebanyak 50%.

Selain itu, jangan membiarkan bayi tidur satu ranjang dengan orang tuanya, karena dapat membuat bayi tercekik karena kasur yang tidak tepat dan bantal yang besar. Kondisi ini juga dapat menyebabkan bayi tertindih orang tuanya karena mereka tidak sadar saat tidur dan berganti posisi.

Mulai sekarang, perhatikan posisi tidur bayi Anda dan tempatkanlah bayi Anda pada posisi yang telah dianjurkan.

Berita Terkait

Berita Terkini