Anak

Cara Menghadapi Ibu yang Alami Depresi

Simak begini tipsnya!

Vika Widiastuti | Yuliana Sere

Ilustrasi depresi. (shutterstock)
Ilustrasi depresi. (shutterstock)

Himedik.com - Berurusan dengan anggota keluarga yang depresi tidak pernah mudah. Namun, ketika depresi memengaruhi seorang ibu, anak menjadi salah satu yang bertanggung jawab.

Melansir dari livestrong, depresi dapat menyebabkan banyak masalah bagi ibu, termasuk merasa sangat sedih atau kelelahan.

Ini dapat menyebabkan masalah hubungan dan pekerjaan. Perawatan seperti pengobatan dan terapi dapat mengurangi gejala-gejala ini yang memungkinkan seorang ibu kembali dalam kondisi baik.

Langkah 1

Kenali tanda-tanda dan gejala depresi, dan luangkan waktu membaca materi tentang gangguan ini.

Menurut artikel Psychology Today tahun 2002 berjudul Depresi: Masalah Keluarga, memahami gejala itu penting untuk mendapatkan bantuan.

Setelah memahami masalah seputar depresi, kamu mungkin akan memiliki lebih banyak kesabaran, tahu bagaimana merespons ibu dan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang opsi perawatan.

Ilustrasi stres - (Pixabay/geralt)
Ilustrasi stres - (Pixabay/geralt)

 

Langkah 2

Minta ibu untuk menemui dokter atau terapis untuk mendiskusikan gejala yang ia alami.

Karena depresi, ibu akan kekurangan motivasi dan energi untuk membuat dan menghadiri janji dengan doker. Jadi akan sangat membantu jika kamu membuat janji temu dengan dokter dan pergi bersamanya.

Langkah 3

Dorong ibu untuk terus pergi ke terapi dan minum obatnya, bahkan jika dia mulai merasa lebih baik.

Alasan dia merasa lebih baik adalah karena perawatan. Jika dia bersikeras menghentikan pengobatannya, bicarakan dengan dokter terlebih dahulu.

Langkah 4

Periksalah dengan ibu secara teratur, terutama jika kamu tidak tinggal bersamanya.

Minta teman atau tetangga yang tepercaya untuk mampir ke rumah secara teratur juga. Jika gejala depresi tampaknya memburuk, hubungi terapisnya.

Langkah 5

Pelajari tanda-tanda pemikiran bunuh diri seperti berbicara tentang memuliakan kematian, mengucapkan selamat tinggal, memberikan barang-barang berharga, menyelesaikan urusannya, dan perubahan mendadak dari depresi menjadi tenang.

Jika ibu menunjukkan tanda-tanda berpikir untuk bunuh diri, kamu harus segera mendapatkan bantuan untuk menstabilkan suasana hatinya. Jangan tinggalkan dia sendiri.

Tip

Jangan berharap ibumu membaik terlalu cepat. Sebagian besar antidepresan memerlukan waktu berminggu-minggu untuk menjadi efektif, dan ia mungkin memerlukan terapi berbulan-bulan atau bertahun-tahun.

Berita Terkait

Berita Terkini