Anak

Nomophobia, Gangguan yang Bikin Cemas Kalau Tidak Pegang Gadget

Seperti kecanduan, penderita nomophobia akan merasa cemas bila tidak memegang gadget.

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi anak bermain gadget - (Pixabay/StockSnap)
Ilustrasi anak bermain gadget - (Pixabay/StockSnap)

Himedik.com - Baik karena tuntutan kerja maupun kebiasaan, banyak orang akhirnya menjadi sangat lekat dengan gadget, termasuk anak-anak. Bahkan banyak anak sampai kecanduan.

Adalah nomophobia, gangguan mental yang membuat penderitanya sulit jauh dari gadget. Bisa terjadi pada anak maupun dewasa, penderita nomophobia akan merasa cemas bila tidak memegang gadget.

Mengutip dari Hello Sehat, sebuah studi yang terbit di Indian Journal of Psychiatry mengungkapkan bahwa nomophobia atau yang disebut no mobile phone phobia, merupakan jenis gangguan kecemasan akibat tidak bisa jauh dari ponsel.

Layaknya seorang pecandu, seseorang yang sulit pisah dengan gadget, pada akhirnya bisa mengalami beberapa gangguan, mulai dari cemas, khawatir, ketakutan, sehingga ini bisa mengganggu aktivitasnya sehari-hari.

Menurut Psikolog Anak Diana Rahma, M. Psi., mengatakan, jika anak sudah pada tahap adiksi gadget dan tidak nyaman tanpa pegang gadget, anak mengalami rasa cemas berlebihan.

“Sedikit-dikit sensitif, emosi, baperan, bahkan terlihat dari tampilan fisik seperti mulai dari menggigit kuku atau jari jika tidak pegang gadget,” ungkapnya dalam acara Wake Up Dhuafa bertajuk Mengatasi Kecanduan Gadget Pada Anak Dan Remaja, Kamis (4/11/2021).

Kecemasan tidak memegang ponsel memang tidak tercantum dalam panduan DSM-5 (Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders). Namun, para ahli kesehatan menyebutkan, kondisi ini merupakan kategori penyakit mental, khususnya bagi orang yang kecanduan terhadap gadget.

Diana pun mengungkap ciri-ciri dari Nomophobia yang terjadi pada anak, yaitu:

  • Hal yang langsung dicari saat bangun tidur, salah satunya gadget.
  • Tidak bisa melewati hari tanpa gadget.
  • Cemas saat daya baterai gadget lemah atau mati daya.
  • Selalu ingin memeriksa gadget.
  • Membawa gadget ke manapun pergi.

(Suara.com/Aflaha Rizal Bahtiar)

Berita Terkait

Berita Terkini