Info

Memutihkan Gigi Pakai Produk Pemutih Gigi, Aman Tidak sih?

Prosedur memutihkan gigi yang dilakukan oleh dokter gigi umumnya menggunakan gel khusus yang mengandung senyawa hidrogen peroksida dalam dosis tinggi.

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi gigi putih. (pixabay)
Ilustrasi gigi putih. (pixabay)

Himedik.com - Belakangan ini banyak produk pemutih gigi yang dijual bebas secara online. Harganya pun bervariasi, ada yang murah dan ada yang mahal.

Tapi yang menjadi pertanyaan adalah amankah menggunakan produk pemutih gigi tersebut? Pasalnya kamu menggunakannya sendiri di rumah tanpa bantuan tenaga ahli. Meskipun sudah ada aturan pakai yang tertera jelas di balik kemasan.

Selain itu, kamu juga tidak tahu bahan pembuat produk pemutih gigi tersebut masih dalam dosis aman atau tidak.

Perlu kamu tahu, prosedur memutihkan gigi yang dilakukan oleh dokter gigi umumnya menggunakan gel khusus yang mengandung senyawa hidrogen peroksida dalam dosis tinggi.

Gel tersebut harus ditangani langsung oleh dokter, tidak diresepkan sehingga bisa digunakan sendiri di rumah, serta tidak dijual bebas.

Senyawa tersebut bekerja dengan cara memecah dan mengikis plak lapisan warna yang menempel pada gigi, sehingga warna asli gigi kembali seperti semula.

Ilustrasi memutihkan gigi ke dokter. (pixabay)
Ilustrasi memutihkan gigi ke dokter. (pixabay)

Namun saat ini sudah banyak tersedia di pasaran produk pemutih gigi yang mengandung senyawa hidrogen peroksida dalam dosis rendah. Contohnya seperti lembaran pemutih gigi (whitening strips), obat kumur dengan formula whitening, hingga alat pemutih gigi.

Lalu apakah aman menggunakannya mengingat kandungan hidrogen peroksida dalam produk tersebut lebih rendah dibandingkan dari dokter?

Bisa dikatakan iya, menggunakan produk pemutih gigi entah itu obat kumur atau alat pemutih aman-aman saja selama digunakan dengan cara yang benar dan tepat sesuai petunjuk pemakaian. Tapi, pastikan juga menggunakan produk yang telah mengantongi izin BPOM, sehingga tidak perlu diragukan keamanannya.

Berita Terkait

Berita Terkini