Info

Miris, Dikira Tumor, Dokter Malah Angkat Ginjal Sehat Pasiennya

Dokter salah diagnosa, ginjal pasien dikira tumor.

Angga Roni Priambodo | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi dokter salah diagnosis. (pixabay/mohamed_hassan)
Ilustrasi dokter salah diagnosis. (pixabay/mohamed_hassan)

Himedik.com - Ginjal merupakan organ penting yang berperan dalam menyaring zat yang masuk dalam tubuh termasuk darah. Zat-zat yang telah disaring selanjutnya dikelurkan melalui urin. Itulah mengapa jika ginjal tak sehat, maka penderita harus rutin melakukan cuci darah.

Namun, ada cerita datang dari seorang wanita bernama Maureen Pacheco yang harus rela kehilangan satu ginjalnya karena kesalahan diagnosis. Kejadian bermula ketika Maureen mengeluh sakit di bagian panggul bertahun-tahun lamanya yang berawal setelah ia mengalami kecelakaan mobil.

Bukannya membaik, rasa sakit yang diderita malah menjalar hingga ke tulang. Maureen lantas pergi ke rumah sakit untuk memeriksakan keadannya.

Ironisnya dokter salah diagnosa. Dokter mengira ginjal Maureen merupakan tumor dan langsung menyarankannya melakukan operasi.

Ilustrasi ginjal. (pixabay/OpenClipart-Vectors)
Ilustrasi ginjal. (pixabay/OpenClipart-Vectors)

Usut punya usut ternyata kesalahan diagnosa ini akibat dokter luput dengan hasil MRI. Dokter yang mengoperasi Maureen tidak memeriksa keseluruhan hasil MRI. Padahal di situ menunjukkan bahwa ginjal panggul pasien dalam keadaan sehat.

Atas kejadian ini, Maureen membawa kasusnya ke jalur hukum. Meski akhirnya ia memenanngkan kasusnya, tapi tak ada hal banyak yang bisa dilakukan petugas medis untuk memperbaiki kondisinya. Sehingga mau tidak mau ia harus rela hidup hanya dengan satu ginjal.

Semoga tidak ada kasus serupa dan dokter lebih berhati-hati dalam bekerja.

Berita Terkait

Berita Terkini