Info

Asal Tahu Aturannya, Minum Kopi di Malam Hari Tak Sebabkan Insomnia!

Faktanya, kandungan kafein itu juga mudah larut dan hilang dalam tubuh.

Vika Widiastuti | Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi minum kopi. (Pixabay/cocoparisienne)
Ilustrasi minum kopi. (Pixabay/cocoparisienne)

Himedik.com - Banyak orang menganggap, minum kopi di malam hari akan menyebabkan kesulitan tidur atau insomnia. Sehingga mereka pun berusaha menghindarinya. 

Tetapi, apakah minum kopi beberapa jam sebelum tidur sudah pasti menyebabkan insomnia? Ternyata faktanya tidak demikian.

Melansir dari webmd.com, tubuh manusia memang cepat menyerap kafein. Tetapi, kandungan kafein itu juga mudah larut dan hilang dalam tubuh.

Kafein larut dan hilang dalam tubuh hanya membutuhkan waktu yang relatif singkat. Rata-rata, kafein hilang dari tubuh membutuhkan waktu sekitar 5-7 jam.

Setelah 8-10 jam, 75 persen kafein sudah hilang dari tubuh. Karena itu minum satu hingga dua cangkir kopi di pagi hari dan siang hari tidak akan membuat Anda mengalami kesulitan tidur.

Ilustrasi minum kopi (shutterstock)
Ilustrasi minum kopi (shutterstock)

 

Begitu pula jika Anda minum kopi sebelum tidur. Anda tidak akan mengalami insomnia jika minum kopi 6 jam sebelum tidur.

Meski begitu, efek minum kopi ini juga tergantung pada tingkat sensitivitas dan metabolisme seseorang.

Orang yang lebih sensitif setelah minum kopi mungkin tidak hanya akan mengalami insomnia, tetapi juga efek samping seperti gugup dan gangguan pencernaan.

Pada intinya, kafein dalam kopi sebenarnya tidak membuat orang insomnia. Tapi, tergantung pada waktu minumnya dan kondisi tubuh masing-masing orang.

Berita Terkait

Berita Terkini