Info

Disebut Cocok untuk Diet, 5 Makanan Ini Tak Efektif Turunkan Berat Badan

Mulai dari teh hijau hingga cuka sari apel sering kali disebut baik untuk diet, bagaimana faktanya?

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana

Sari cuka apel. (unsplash)
Sari cuka apel. (unsplash)

Himedik.com - Selain olahraga teratur, salah satu kunci menurunkan berat badan juga terletak pada apa yang Anda konsumsi. Sayangnya beberapa makanan yang dipercaya efektif turunkan berat badan tidak seefektif yang Anda kira.

Beberapa asupan seperti protein dan teh hijau mungkn dipercaya bisa bantu turunkan berat badan. Namun melansir dari Times of India, beberapa asupan termasuk teh hijau dan protein nyatanya tak begitu berpengaruh dalam menurunkan berat badan, berikut rinciannya:

1. Teh Hijau

Teh hijau dipenuhi oleh kandungan antioksidan yang membuat Anda tetap sehat. Teh hijau bila dikonsumsi dengan diet rendah kalori mungkin akan efetif membakar kalori. Tetapi mengkonsumsi teh hijau saja memiliki sedikit manfaat untuk menurunkan berat badan.

2. Cabai

Ada banyak penelitian yang menyatakan capsaicin yang ditemukan dalam cabai bisa meningkatkan metabolisme. Tetapi jumlah yang digunakan dalam kebanyakan penelitian jauh lebih banyak daripada yang bisa dimakan orang normal pada satu waktu.

Mengkonsumsi setengah sendok teh cabai hanya membantu Anda membakar sekitar 10 kalori.

3. Makanan Berprotein Tinggi

Makanan protein tinggi membutuhkan lebih banyak energi untuk dicerna daripada karbohidrat. Tetapi protein juga memiliki lebih banyak kalori daripada karbohidrat yang membuat protein dan karbohidrat sebenarnya seimbang.

Saat Anda mengonsumsi protein, Anda makan lebih banyak kalori dan membakar lebih banyak kalori.

4. Minyak Kelapa

Minyak kelapa memiliki trigliserida rantai menengah dan diyakini tidak disimpan dengan baik oleh tubuh sehingga menyebabkan hilangnya lemak. Tetapi penelitian juga mengatakan bahwa konsumsi trigliserida rantai menengah tidak menyebabkan penurunan berat badan.

Ilustrasi minyak kelapa. (pixabay.com/@moho01)
Ilustrasi minyak kelapa. (pixabay.com/@moho01)

5. Cuka Sari Apel

Belum ada penelitian yang membuktikan bahwa cuka sari apel dapat menyebabkan penurunan berat badan. Selain itu, cuka sari apel juga dapat menyebabkan keasaman dan mengikis enamel gigi.

Berita Terkait

Berita Terkini