Info

Vaksin Covid-19, Ini 4 Makanan yang Harus Dikonsumsi dan Dihindari!

Beberapa makanan dan minum yang harus dikonsumsi dan dihindari setelah dan sebelum suntik vaksin Covid-19.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Vaksin Covid-19, vaksinasi, jarum suntik. (Pixabay)
Vaksin Covid-19, vaksinasi, jarum suntik. (Pixabay)

Himedik.com - Vaksin Covid-19 bisa menimbulkan sejumlah efek samping seperti jenis vaksin lainnya. Efek samping ini pertanda tubuh merespons dengan baik.

Tapi, pola makan tertentu bisa berperan penting dalam proses vaksinasi. Beberapa ahli menyarankan seseorang mengonsumsi makanan sehat, bernutrisi dan terhidrasi sebelum suntik vaksin Covid-19.

Berikut ini dilansir dari Times of India, beberapa makanan dan minuman yang seharusnya tidak dikonsumsi sebelum dan sesudah suntik vaksin Covid-19.

1. Minum banyak air dan makan buah-buahan

Jaga tubuh tetap terhidrasi adalah kunci kesehatan yang baik, terutama ketika akan vaksin Covid-19. Anda harus menjaga tubuh tetap segar dengan minum banyak air dan makan buah-buahan yang menghidrasi.

Karena, tubuh yang terhidrasi dengan baik bisa meminimalkan risiko efek samping vaksin Covid-19 yang parah dan akan lebih baik selama proses vaksinasi.

Minum air putih (Shutterstock)
Minum air putih (Shutterstock)

2. Konsumsi makanan kaya serat

Menurut sebulan Penelitian yang diterbitkan dalam British Journal of Nutrition, konsumsi makanan sehat sangat penting di masa pandemi virus corona Covid-19.

Bahkan, sangat penting mengonsumsi biji-bijian utuh yang kaya serat daripada konsumsi makanan olahan tinggi lemak jenuh dan kalori tinggi sebelum suntik vaksin Covid-19.

Makanan kaya serat penting untuk menjaga tubuh rileks dan meningkatkan sistem kekebalan. Menurut Journal of Clinical Sleep Medicine, hindari makan lemak jenuh dan makanan manis yang memicu stres dan kecemasan serta menyebabkan gangguan tidur.

3. Diet seimbang

Konsumsi makanan seimbang juga sangat penting dilakukan sebelum suntik vaksin sekaligus mencegah terjadinya pingsan setelah vaksin Covid-19. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), konsumsi makanan seimbang bisa mencegah pingsan yang terkait dengan kecemasan.

4. Hindari minum alkohol

Setelah vaksin Covid-19, orang akan mengalami efek samping ringan hingga berat yang bisa berkisar dari demam, kelelahan hingga nyeri tubuh.

Karena itu, Anda harus menghindari minum alkohol karena bisa memperburuk efek sampingnya. Penelitian dalam jurnal Alcohol Research, konsumsi alkohol juga dikaitkan dengan kekebalan yang melemah.

 

Berita Terkait

Berita Terkini