Info

Jangan Langsung Obat, Coba Atasi Masalah Vagina dengan 5 Asupan Berikut

Berikut beberapa makanan yang bisa Anda konsumsi saat mengalami masalah vagina berikut.

Fita Nofiana

Ilustrasi miss v/organ intim/vagina. (Shutterstock)
Ilustrasi miss v/organ intim/vagina. (Shutterstock)

Himedik.com - Salah satu kondisi sangat umum yang dapat berkembang di vagina Anda adalah vaginosis bakteri (BV).  BV tidak lain adalah suatu kondisi yang ditandai dengan terganggunya keseimbangan alami bakteri normal di vagina Anda

Melansir dari Healthshots, jika tidak diobati, BV dapat menyebabkan banyak komplikasi, termasuk infertilitas. Oleh karena itu, mengobati kondisi ini sangat penting. 

Dalam hal ini pola makan dapat memengaruhi kesehatan vagina. Makanan tertentu dapat membantu menyeimbangkan tingkat pH Anda dan mendorong pertumbuhan bakteri baik yang dapat menyembuhkan vaginosis bakteri. Berikut beberapa makanan yang menyehatkan vagina, antara lain:

1. Kefir

Kefir adalah makanan fermentasi yang sehat dengan konsistensi yang sebanding dengan yogurt. Kefir sangat bermanfaat untuk menyembuhkan bakterial vaginosis karena memiliki banyak jenis lactobacillus hidup dalam jumlah yang tinggi. 

Lactobacillus memainkan peran besar dalam melindungi saluran genital melalui produksi asam laktat yang bertanggung jawab atas pH vagina yang rendah. Terlebih lagi, kefir juga membawa keseimbangan bakteri kembali normal.

Ilustrasi vagina, organ intim perempuan. [Shutterstock]
Ilustrasi vagina, organ intim perempuan. [Shutterstock]

2. Bawang putih

Anda tidak harus mengkonsumsi bawang putih mentah, namun dapat menambahkannya ke makanan Anda. Bawang putih adalah makanan prebiotik yang baik untuk BV. 

Makanan prebiotik ini menstabilkan pH vagina dengan mendorong pertumbuhan bakteri sehat. Selain itu, bawang putih memiliki sifat antibakteri yang merupakan alasan lain mengapa bawang putih dapat membantu melawan infeksi.

3. Jeruk dan lemon

Buah seperti jeruk dan lemon dikemas dengan kebaikan vitamin C yang efektif melawan infeksi bakteri berulang dan keputihan yang tidak normal.

Faktanya, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Medicine Research menunjukkan bahwa mengonsumsi vitamin C secara teratur menurunkan risiko infeksi vagina berulang hingga setengahnya, karena adanya asam askorbat.

4. Salmon

Jangan Langsung Obat, Coba Atasi Masalah Vagina dengan 5 Asupan Berikut - 2

Asam lemak omega-3 dari salmon meningkatkan kesehatan jantung dan sirkulasi ke seluruh tubuh. Asam lemak omega-3 yang ada dalam salmon meningkatkan sirkulasi darah secara keseluruhan yang juga meningkatkan aliran darah yang lebih baik di vagina. 

5. Cranberry

Cranberry menangkal infeksi vagina seperti vaginosis bakteri. Pastikan Anda menjauh dari varietas jus cranberry yang mengandung gula yang sebenarnya dapat memperburuk keadaan.

Berita Terkait

Berita Terkini