Info

Ketahui Soal Aeropohobia, Ketakutan Berlebih saat Naik Pesawat

Reza Arap belum lama ini mengunkap dirinya menderita aerophobia.

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi di bandara. (Pixabay)
Ilustrasi di bandara. (Pixabay)

Himedik.com - Musisi sekaligus selebgram Reza Oktovian atau yang lebih dikenal dengan nama Reza Arap baru saja membagikan kondisinya yang mengidap aerophobia.

Hal itu ia sampaikan lewat Instagram Story pada Kamis (29/2). "I really need helps for my aerophobia, it's getting worse, (Aku benar-benar butuh pertolongan untuk aerophobia-ku, ini semakin parah)," tulis Reza Arap.

Bagi yang belum tahu, aerophobia adalah bentuk ketakutan berlebih untuk bepergian menggunakan pesawat terbang.

Dikutip dari Alodokter, penderita aerophobia dapat merasa takut terhadap beragam hal yang terjadi dalam penerbangan, mulai dari proses lepas landas, mendarat, maupun saat turbulensi terjadi.

Para penderita pun bisa mengalami mual, gemetar, hingga serangan panik sebelum pesawat lepas landas maupun saat pesawat sudah terbang.

Reza Arap. [Tiara Rosana/Suara.com]
Reza Arap. [Tiara Rosana/Suara.com]

Penyebab Kondisi Aerophobia

Aerophobia bisa terjadi karena berbagai faktor, tergantung dari kesehatan fisik, psikis, dan faktor sosial. Contohnya:

1. Memiliki fobia lain seperti ketinggian (acrophobia), ruang sempit (claustrophobia), takut berlebih pada kuman (mysophobia), maupun fobia sosial.
2. Pernah mengalami kejadian traumatis saat penerbangan atau membaca berita kecelakaan pesawat.
3. Memiliki keluarga yang juga mengalami aerophobia
4. Memiliki ingatan buruk melibatkan penerbangan, misalnya naik pesawat terbang untuk mengunjungi pemakaman orang tersayang.

Ilustrasi lelaki takut naik pesawat atau aerophobia [shutterstcok]
Ilustrasi lelaki takut naik pesawat atau aerophobia [shutterstcok]

Gejala Aerophobia

Saat penderita aerophobia berada di dalam pesawat, mereka bisa mengalami serangan panik. Beberapa gejala serangan panik yang dapat timbul meliputi gemetar, sesak nafas, merasa tercekik, keringat dingin, mual, jantung berdebar cepat, dan tidak bisa berpikir jernih.

Jika Anda mengalami gejala-gejala di atas, sebaiknya segera konsultasi ke dokter. Sebab aerophobia bisa mengganggu pekerjaan atau kehidupan sosial.

Berita Terkait

Berita Terkini