Wanita

Empat Manfaat Mandi Air Garam Epsom Bagi Ibu Hamil

Keluhan-keluhan saat hamil dapat hilang dengan mandi atau berendam menggunakan air garam epsom.

Rauhanda Riyantama | Krishnayanti C

Ilustrasi mandi air garam epsom (medicalnewstoday)
Ilustrasi mandi air garam epsom (medicalnewstoday)

Himedik.com - Bagi sebagian ibu hamil pasti mengeluh badan terasa pegal, nyeri, sakit punggung, sakit kaki, mudah lelah, dan lain sebagainya. Hal ini sangat wajar terjadi pada ibu hamil.

Berbagai keluhan tersebut membuat ibu hamil ingin pijat dan relaksasi.

Namun pernahkah terpikir bahwa mandi atau berendam dengan air garam epsom bermanfaat bagi ibu hamil dan dapat meredakan keluhan-keluhan saat hamil?

Garam epsom adalah garam yang berasal dari Inggris. Tak jarang beberapa orang menyebutnya garam Inggris. Bentuk dan warnanya seperti garam-garam pada umumnya, yang membedakan hanya garam epsom tidak mengandung natrium klorida.

Garam epsom dipercaya sebagai obat alami untuk meredakan pegal dan nyeri pada tubuh. Mandi air garam epsom juga aman untuk ibu hamil dan janinnya.

Berikut manfaat mandi air garam epsom untuk ibu hamil.

1. Meredakan stres

Stres saat hamil dapat berbahaya bagi janin yang dikandung. Maka itu, supaya tidak stres cobalah mandi air garam epsom, karena mengandung magnesium yang membantu menenangkan pikiran.

2. Meredakan nyeri otot dan pegal

Mandi air garam epsom dapat meredakan nyeri dan pegal pada otot. Selain itu, jenis garam ini juga dapat meredakan kram kaki yang juga biasa terjadi pada ibu hamil.

3. Mengurangi pembengkakan (edema)

Mandi atau berendam air garam epsom sangat bermanfaat untuk mengatasi bengkak pada kaki, tangan, pergelangan kaki, dan pergelangan tangan akibat peningkatan cairan tubuh saat hamil.

Jika sekarang kamu sedang hamil dan mengalami pembengkakan kaki, cobalah untuk merendamnya dengan air garam epsom selama kurang lebih 20 menit.

4. Menenangkan kulit yang tegang

Beberapa yang sudah mencoba mandi air garam epsom merasa puas, karena kulit mereka yang tegang terasa lebih lemas. Selain itu, luka akibat sengatan matahari juga dapat hilang dengan menggunakan air garam epsom.

Menarik bukan? Selamat mencoba, moms.

Berita Terkait

Berita Terkini