Wanita

Ikuti Cara Tepat Melakukan Pemeriksaan Payudara di Rumah

Teknik periksa payudara sendiri yang sangat bisa kamu lakukan di rumah.

Rauhanda Riyantama

Periksa payudara sendiri di rumah. (pixabay)
Periksa payudara sendiri di rumah. (pixabay)

Himedik.com - Ada baiknya kamu mengetahui jika payudaramu dalam keadaan normal dan sehat dengan melakukan pemeriksaan sendiri di rumah.

Pemeriksaan ini sangat penting untuk mengetahui apakah ada sesuatu yang tidak biasa, seperti benjolan, perubahan kulit atau keluarnya cairan pada payudara.

Jika kamu melihat sesuatu yang tidak biasa, segera minta saran dokter untuk melakukan tindakan selanjutnya. Dilansir dari webmd, HiMedik menemukan beberapa cara mudah melakukan pemeriksaan payudara di rumah.

Di cermin

  1. Berdirilah di depan cermin besar tanpa baju. Lihat ukuran kedua payudara. Jika ukurannya tidak sama, maka itu wajar. Kebanyakan wanita mengalami hal ini.
  2. Rilekskan lenganmu dan lihat apakah ada perubahan posisi, bentuk atau warna. Lihat juga apakah ada luka atau kerutan.
  3. Periksa puting, untuk mengetahui adanya perubahan arah puting, luka atau pengelupasan.
  4. Letakkan tangan di pinggul dan tekan dengan kuat untuk mengencangkan otot-otot dada di bawah payudara. Berputarlah sehingga kamu bisa melihat bagian luar dari payudaramu.
  5. Bungkuk ke depan menuju cermin. Lihat setiap perubahan bentuk payudara saat kamu bungkuk.
  6. Genggam tangan di belakang kepala dan tekan tangan ke depan. Berputar dari sisi ke sisi untuk memeriksa bagian luar payudara.
  7. Ingat, untuk memeriksa batas bawah payudara, kamu mungkin perlu mengangkat payudara dengan tangan untuk melihatnya.
  8. Periksa puting, untuk mengetahui adanya cairan yang keluar. Tempatkan ibu jari dan telunjuk pada jaringan di sekitar puting dan tarik ke arah luar, ke arah ujung puting. Ini berguna untuk melihat adanya perubahan.

 

Periksa payudara sendiri di rumah. (pixabay)
Periksa payudara sendiri di rumah. (pixabay)

Di kamar mandi

  1. Rasakan perubahan pada payudara ketika tangan licin karena sabun dan air. Periksa apakah ada benjolan atau penebalan di area ketiak.
  2. Periksa benjolan atau penebalan di atas dan di bawah tulang selangka pada kedua sisi.
  3. Dengan tangan bersabun, angkat satu lengan di belakang kepala. Gunakan bagian jari yang rata untuk menekan lembut payudara. Ikuti pola naik turun, bergerak dari garis bra ke tulang selangka. Ulangi pada sisi yang lain.

Berbaring

  1. Berbaringlah dan letakkan bantal kecil atau handuk yang dilipat di bagian bawah bahu kanan. Letakkan tangan kanan di belakang kepala.
  2. Letakkan tangan kiri di bagian atas payudara kanan. Body lotion dapat membantu ini menjadi lebih mudah.
  3. Bayangkan payudaramu seperti jam. Mulai pukul 12 dan bergerak ke arah jam satu dalam gerakan melingkar kecil. Lanjutkan mengelilingi seluruh lingkaran sampai kamu mencapai jam 12 lagi.
  4. Usahakan jari selalu bersentuhan dengan payudara. Ketika selesai, bergerak 1 inchi ke arah puting dan lakukan hal yang sama. Lanjutkan dengan pola ini sampai seluruh area payudara tersentuh sampai ke arah ketiak.
  5. Letakkan jari tepat di atas puting. Rasakan di bawah puting untuk setiap perubahan yang terjadi. Puting dalam keadaan baik jika mudah bergerak.
  6. Jangan lupa untuk memeriksa payudara bagian atas, luar dan yang paling deat ke ketiak.

Jika kamu menemukan adanya benjolan, jangan panik. Ini tidak selalu pertanda kanker. Beberapa tanda yang harus kamu khawatirkan, meliputi:

  1. Area yang berbeda dari area lain di payudara
  2. Benjolan atau penebalan di atau dekat payudara atau di ketiak yang berlangsung saat siklus menstruasi
  3. Perubahan ukuran, bentuk, atau kontur payudara
  4. Adanya gumpalan
  5. Daerah seperti marmer di bawah kulit
  6. Perubahan dalam rasa atau penampilan kulit pada payudara atau puting (mengerut, bersisik, atau meradang)
  7. Adanya darah atau cairan bening dari puting
  8. Kemerahan pada kulit di payudara atau puting

Jika ada tanda-tanda seperti di atas, segera periksa ke dokter.

Berita Terkait

Berita Terkini