Anak

Pola Tidur Rata-rata Bayi Berdasarkan Usia yang Perlu Bunda Tahu

Namun ingat ya bun, setiap bayi punya variasi tidur yang berbeda-beda.

Vika Widiastuti | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi bayi tidur. (pixabay/Zinz25)
Ilustrasi bayi tidur. (pixabay/Zinz25)

Himedik.com - Bayi memiliki siklus tidur yang lebih pendek daripada orang dewasa. Tidak ada pola tidur normal pada bayi dan anak kecil karena pola tidur mereka cenderung berubah cepat selama 3 tahun pertama dengan banyak variasi di antara setiap anak.

Begitu pula dengan jumlah tangisan dalam tidur yang juga akan berubah seiring waktu. Namun, sebagai gambaran umum berikut telah dirangkum dari Medical News Today pola tidur rata-rata bayi berdasarkan usianya.

Bayi baru lahir (0–1 bulan)

Di usia ini, tidur bayi tidak dapat diprediksi karena sering diselingi oleh periode bangun singkat diikuti oleh tidur siang dan lebih lama tidur. Bayi lebih sering menangis dan biasanya bangun setiap 2-3 jam, serta kadang-kadang lebih sering untuk minum susu.

Mengenalkan si kecil pada siang hari dan melakukan rutinitas dapat membantu mengatur pola tidur mereka. Namun, bagi kebanyakan bayi seusia ini, sangat tidak mungkin mengikuti jadwal tidur teratur atau tidur lama di malam hari.

Bayi berusia 1-3 bulan

Pada usia ini bayi masih menyesuaikan diri dengan kehidupan di luar rahim. Beberapa mulai mengembangkan jadwal tidur yang teratur, meskipun masih tidak mungkin bagi mereka tidur sepanjang malam.

Bayi juga masih sering menangis dalam tidurnya, serta terbangun dan menangis saat mereka lapar. Sesi tidur biasanya berlangsung 3,5 jam atau kurang.

Ilustrasi bayi tidur. (pixabay/PublicDomainPictures)
Ilustrasi bayi tidur. (pixabay/PublicDomainPictures)

 

Bayi 3–7 bulan

Beberapa bayi mulai tidur dengan waktu lebih lama atau bahkan tidur sepanjang malam. Beberapa bayi juga mengalami regresi tidur di usia sekitar 4 bulan yang mengubah pola tidur mereka dan pada periode ini.

Banyak bayi mengembangkan jadwal tidur dua kali sehari dan tidur yang lebih lama di malam hari. Supaya si kecil segera terbiasa, bunda bisa membantunya dengan menetapkan rutinitas harian dan rutinitas tidur malam.

Bayi 7-12 bulan

Sebagian besar bayi akan tidur sepanjang malam pada saat mereka berusia 9 bulan. Sedangkan pada usia sekitar satu tahun, beberapa bayi hanya tidur siang satu kali per hari dan yang lainnya mungkin membutuhkan dua tidur siang per hari hingga tahun kedua kehidupan mereka.

Bayi 12 bulan ke atas

Di usia dua tahun, anak-anak membutuhkan tidur selama 12 hingga 14 jam per hari, terbagi antara tidur siang dan tidur malam.

Namun, ada kemungkinan terkadang mereka mengalami perubahan dalam kebiasaan tidur ketika sesuatu mengganggu rutinitas, seperti sakit, atau saat mengalami perubahan perkembangan besar dan termasuk lebih banyak menangis daripada biasanya.

Siklus tidur bayi dapat menjadi tantangan bagi orang tua terutama di bulan-bulan dan tahun-tahun awal. Namun, bunda tidak perlu khawatir karena setiap bayi memiliki keunikan, kebutuhan, dan kecenderungannya masing-masing.

Berita Terkait

Berita Terkini