Info

Minum Bir Setelah Olahraga, Begini Kata Para Ahli

Simak ulasannya.

Rauhanda Riyantama | Yuliana Sere

Bir. (pixabay)
Bir. (pixabay)

Himedik.com - Ide minum bir setelah olahraga mungkin terdengar aneh. Meski begitu, kebiasaan ini masih sering dilakukan di beberapa negara luar.

Para ahli berpendapat bahwa kandungan bir termasuk karbohidrat dan elektrolit - yang mana kandungan ini terkuras selama sesi olahraga yang panjang dan intens.

Di sisi lain, para ahli juga berpendapat minum bir bersama teman setelah olahraga menjadi cara yang bagus untuk memotivasi olahraga secara teratur.

Selain itu, para peneliti mengatakan minum bir setelah olahraga sangat tidak merugikan selama itu dikonsumsi dengan air dan makanan. Namun, ini sama sekali bukan kegiatan yang positif.

''Minum bir setelah berolahraga sangat tidak merugikan selama itu dengan air dan makanan, tetapi itu sama sekali bukan hal yang positif atau bermanfaat,'' kata Hana Abdulaziz Feeney, RD, pendiri Nourishing Results, praktek pribadi gizi fungsional di Tucson, Arizona.

''Ya, memang benar bahwa bir memberikan beberapa elektrolit (ini mengatur keseimbangan cairan dan memainkan peran dalam kontraksi otot), karbohidrat (sumber energi utama yang habis selama latihan intensitas tinggi) dan bahkan polifenol (senyawa anti-inflamasi dan antioksidan ditemukan dalam tumbuhan).

Namun, minuman favorit ini kebanyakan mengandung kalium elektrolit dan kamu tidak selalu kehilangan banyak zat ini selama latihan,'' kata Susan Kitchen, seorang ahli dalam dietetik olahraga.

Bir. (pixabay)
Bir. (pixabay)

Menurut Abdulaziz Feeney, karbohidrat yang terkandung dalam bir hanya sedikit. Di sisi lain, tubuh harus menggunakan banyak nutrisi khususnya vitamin B untuk memetabolisme alkohol.

''Padahal nutrisi itu akan jauh lebih baik digunakan dalam memperbaiki otot dan mendukung produksi glikogen,'' ucap Feeney.

Di sisi lain, menurut ahli diet Cassie Bjork, alkohol bisa membuat kamu mengalami dehidrasi. Ini bisa menyulitkanmu untuk pulih dari sesi olahraga.

Ketika otot sudah mengalami dehidrasi setelah olahraga, minum alkohol hanya akan membuat dehidrasi berlebih.

Bahkan, sebuah studi pada 2014 dalam jurnal Plos One menemukan mengonsumsi alkohol mengurangi sintesis protein otot (proses memperbaiki dan membangun sel otot baru setelah olahraga) sebesar 24 hingga 37 persen.

Untuk itu, kamu sebaiknya menghindari minuman beralkohol dan lebih baik mengonsumsi air putih atau minuman elektrolit yang bisa mengembalikan energimu.

Berita Terkait

Berita Terkini