Info

Kandungan dan Manfaat Stroberi untuk Kesehatan

Stroberi memiliki sejumlah vitamin A, B, C, E, dan K.

Dinar Surya Oktarini | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Stroberi. (pixabay/couleur)
Stroberi. (pixabay/couleur)

Himedik.com - Rasa buah stroberi memang tak secantik penampilannya. Buah kecil berwarna merah ini memiliki rasa yang cenderung masam. Bijinya tersebar di luar permukaan buah. Bentuk buah menyerupai hati dan hidup di daerah dataran tinggi.

Saat ini banyak sekali perkebunan stroberi yang dibuka untuk umum. Para wisatawan diperbolehkan masuk area perkebunan untuk memetik stroberi sendiri. Bahkan tak jarang pengunjung diperbolehkan memakan dari pohonnya langsung.

Nah, bagi kamu yang penasaran berikut telah dirangkum kandungan nutrisi stroberi dalam sekitar 150 gr dan manfaatnya untuk kesehatan.

Nutrisi pokok

Stroberi mengandung karbohidrat sebanyak 11.65 gr, protein, 1gr, sedikit lemak dan 50 kalori. Rendahnya kalori dalam buah ini tentunya bisa jadi kudapan lezat bagi kamu yang sedang diet.

Stroberi. (pixabay/congerdesign)
Stroberi. (pixabay/congerdesign)

Vitamin

Perlu kamu ketahui stroberi memiliki kandungan vitamin C lebih banyak daripada satu buah jeruk, yaitu sekitar 94 mg. Selain itu, ia juga mengandung vitamin A sekitar 44 IU.

Tak hanya itu, stroberi juga memiliki sejumlah vitamin lain seperti vitamin B, E, dan K. Lengkapnya vitamin dalam stroberi sudah jelas menyehatkan tubuh. Vitamin A untuk mata, C sebagai antioksidan, E untuk kulit, dan lain sebagainya.

Nutrisi lain

Stroberi memiliki serat sebanyak 3.81 gr, potassium 44.82 mg, fosfor 31.54 mg, kalsium 23.24 mg, dan folat 29.38 mg. Selain itu ia juga mengandung magnesium 16 mg, selenium 1.16 mg, zat besi, mangan, dan masih banyak lagi.

Perlu kamu tahu, potassium berperan dalam menurunkan tekanan darah, sedangkan kalsium baik untuk kesehatan tulang. Jadi, kamu tak perlu ragu memasukkan stroberi dalam menu sehat harian.

Demikian kandungan nutrisi dan manfaat stroberi untuk kesehatan. Semoga bermanfaat.

Berita Terkait

Berita Terkini