Info

Hentikan Kebiasaan Bersihkan Wajah dengan Tisu Basah, Bisa Rusak Kulit!

Tisu basah mengandung bahan kimia yang dapat merusak kulit

Vika Widiastuti | Rosiana Chozanah

Ilustrasi masalah kulit wajah - (Shutterstock)
Ilustrasi masalah kulit wajah - (Shutterstock)

Himedik.com - Tisu basah bisa bisa digunakan untuk membersihkan wajah di saat genting. Tapi hal ini justru berdampak buruk bagi kulit wajah.

Jadi, Anda perlu menghindarinya. beberapa dampak yang bisa terjadi akibat menggunakan tisu basah untuk membersihkan wajah seperti yang dilansir dari Avoskinbeauty.

1. Membuat iritasi

Bahan kimia yang terlalu banyak pada tisu basah, salah satunya adalah pengawet tinggi akan menyebabkan kulit wajah menjadi teriritasi.

Zat kimia ini akan menyebabkan kulit gatal dan kemerahan di wajah.

2. Mata kendur

Beberapa orang pasti telah membersihkan mata menggunakan tisu basah dengan tekanan kuat untuk membuat riasan di mata hilang. Tapi ternyata hal ini membuat area di sekitar mata menjadi longgar dan mata mengendur.

Oleh karena itu, lebih baik menggunakan penghapus riasan berbasis minyak sehingga riasan mata dan kotoran terangkat secara maksimal.

Ilustrasi kulit kering. [Shutterstock]
Ilustrasi kulit kering. [Shutterstock]

3. Kulit kering

Jaringan basah ini akan menghilangkan kelembapan pada wajah karena terlalu banyak bahan kimia di dalamnya. Akibatnya kulit wajah menjadi kering dan terlihat kasar.

4. Muncul jerawat

Tisu basah tidak bisa membersihkan riasan dan mengangkat kotoran dengan sempurna, tetapi justru menyebabkan lengket dan tidak membersihkan wajah.

Selain itu, wajah yang tidak bersih memicu masalah sempurna seperti komedo dan jerawat di kulit.

5. Muncul garis-garis halus

Membersihkan wajah Anda dengan tisu basah memerlukan sedikit tekanan jika Anda ingin wajah yang benar-benar bersih. Nah, tekanan yang dilakukan terus menerus akan menyebabkan garis-garis halus dan bahkan kerutan di wajah.

Lima efek buruk di atas akan menyusul Anda jika Anda terlalu sering membersihkan wajah menggunakan tisu basah.

Laman kecantikan ini merekomendasikan untuk membersihkan wajah Anda dengan micellar water, cleansing oil, atau cleansing milk. Setelah itu, selesaikan dengan sabun pembersih wajah.

Berita Terkait

Berita Terkini