Info

India Siap Gunakan Vaksin Oxford Covishield, Ini 6 Keunggulannya!

India telah menyetujui dan siap menggunakan vaksin Oxford Covishield untuk mengatasi pandemi virus corona Covid-19.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi masker dan virus corona. (Pixabay)
Ilustrasi masker dan virus corona. (Pixabay)

Himedik.com - CEO Serum Institute of India (SII), Adar Poonawallah telah mengantongi izin untuk vaksin buatan perusahaannya, yakni Covishield yang telah dikembangkan oleh Universitas Oxford dan AstraZeneca Inc.

Di sisi lain, ahli epidemiologi juga masih percaya bahwa vaksin yang dikembangkan Oxford merupakan salah satu yang paling cocok untuk orang India, baik dari segi harga dan tingkat kemanan yang efektif.

Menurut laporan, SII telah menimbun dan memiliki lebih dari 50 juta dosis vaksin yang dicadangkan untuk wilayah berisiko di India. Berikut ini dilansir dari Times of india, keunggulan vaksin Covishield untuk mengatasi pandemi virus corona di India.

1. Hasil uji coba

Otoritas India memberikan persetujuan untuk vaksin Covaxin dan Covishield. Tapi tidak seperti vaksin Covaxin, Universitas Oxford dan Institut Serum India telah menyelesaikan uji coba fase III yang digunakan untuk melawan virus corona Covid-19.

Ilustrasi Vaksin. (Pixabay/PhotoLizM)
Ilustrasi Vaksin. (Pixabay/PhotoLizM)

Uji coba terakhir melibatkan lebih dari 22 ribu orang merupakan salah satu uji coba terbesar sejauh ini yang dilakukan di India pada 17 pusat berbeda. Secara global, vaksin juga telah diuji coba pada 4 negara yang secara demogratif beragam dan memberikan hasil cukup menggembirakan.

Sebuah studi di Lancet juga menemukan bahwa vaksin itu bisa ditoleransi dengan baik, meningkatkan kekebalan, dan tidak menimbulkan masalah keamanan yang serius.

2. Vaksin paling efektif melawan Covid-19

Kemanjuran salah satu faktor terpenting yang menentukan kelayakan suatu vaksin. Data observasi yang dikumpulkan dari pusat-pusat di seluruh dunia pun menemukan bahwa vaksin Covishield ini telah melampaui batas keamanan.

Vaksin Covishield ini setidaknya 70 persen efektif melawan virus corona baru, yaitu tanda vaksin yang bagus. Tak hanya itu, para peneliti juga mengamati tingkat keefektifannya mencapai 90 persen.

3. Butuh 2 dosis

Sama seperti vaksin Moderna dan Pfizer, vaksin Oxford ini juga memerlukan dua kali suntikan dengan jeda 2 minggu untuk mencapai kekebalan yang diinginkan.

Hasil uji klinis menyatakan bahwa peserta yang menerima dua dosis penuh vaksin Covishield dengan jarak satu bulan, tingkat kemanjuran vaksin menjadi 62 persen. Sedangkan peserta yang menerima dosis rendah dan diikuti dosis penuh mencapai kekebalan 90 persen.

4. Penyimpanan lebih mudah

Tidak seperti vaksin Pfizer dan Moderna, vaksin Covishield dari Oxford bisa disimpan dengan mudah di bawah suhu 2-6 derajat celcius. Bahkan vaksin ini juga tidak membutuhkan penyimpanan khusus dan akan tetap stabil dalam waktu lama.

5. Tidak ada efek samping

Menurut ahli klinis, tidak ada efek samping aneh dan tidak biasa dari vaksin Oxford. Bahkan komplikasi yang merugikan terjadi karena vaksin juga belum terlihat, yang artinya menandakan vaksin Oxford lebih aman digunakan.

6. Harga murah

SII tidak hanya memperhatikan keefektifan dan keamanan vaksin Oxford, tetapi juga memperhitungkan harganya. Beberapa laporan menunjukkan bahwa harga vaksin Covishield jauh lebih rendah dibandingkan vaksin Covid-19 lainnya secara global.

Berita Terkait

Berita Terkini