Info

Beda Usia Beda Waktu Tidur, Berapa Lama Durasi yang Anda Butuhkan?

Meskipun usianya sama, setiap orang memiliki perbedaan kebutuhan waktu tidur.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi tidur, waktu tidur. (Arkadia Digital Media/Ema Rohimah)
Ilustrasi tidur, waktu tidur. (Arkadia Digital Media/Ema Rohimah)

Himedik.com - Umumnya, orang-orang membutuhkan waktu tidur selama 8 jam. Tapi faktanya, tidak semua orang bisa dan membutuhkan waktu tidur selama 8 jam.

Menurut Tamara Willner dari Second Nature, orang dewasa membutuhkan sekitar 7 hingga 9 jam tidur berkualitas baik setiap malamnya.

Tapi, mitos yang beredar selama ini menyatakan bahwa orang akan membutuhkan lebih sedikit waktu tidur ketika semakin tua. 

1. Waktu Tidur Orang Dewasa

Faktanya, para ahli tidur mencatat bahwa kita membutuhkan waktu tidur yang sama pada usia 50, 60, 70 hingga 80 tahunan, seperti yang kita lakukan selama masa dewasa muda.

Seiring bertambahnya usia, Anda mungkin akan kurang tidur atau kualitas tidur lebih buruk karena rasa sakit dan nyeri. Anda juga akan lebih banyak terbangun dari tidur untuk buang air kecil dan sebagainya.

Ilustrasi tidur. [Pexels]
Ilustrasi tidur. [Pexels]

Tapi, Anda masih membutuhkan tidur yang berkualitas sehingga perlu mengatasi gangguan tidur tersebut. Kini, ada banyak perbedaan di antara orang-orang yang tidur selama 7 hingga 9 jam setiap malamnya.

"Jumlah waktu tidur yang kita butuhkan akan berbeda-beda sesuai kondisi. Jumlah waktu tidur yang dibutuhkan satu orang dewasa juga akan berbeda dengan orang dewasa lain yang seusia," ujar Tamara dikutip dari Metro UK.

Tamara menyarankan Anda menggunakan minggu pertama untuk melepas lelah dan minggu kedua untuk tidur tanpa gangguan setiap malam sampai bangun.

Anda bisa mengetahui rata-rata waktu tidur yang dibutuhkan pada minggu kedua, sehingga Anda paham seberapa waktu tidur yang ideal bagi tubuh.

2. Waktu Tidur Remaja

Sementara itu, remaja memiliki rata-rata jumlah kualitas tidur yang meningkat sesuai dengan perkembangan otak vital dan regulasi emosional.

Remaja biasanya membutuhkan antara 8 hingga 10 jam tidur setiap malam. Jadi, para orangtua, jangan mengkritik atau memaksanya bangun tidur lebih cepat karena mereka membutuhkan istirahat ekstra.

3. Waktu Tidur Anak-anak

Sedangkan, anak kecil atau balita membutuhkan sekitar 12 jam tidur setiap malam. Anak-anak usia 3 hingga 6 tahun membutuhkan antara 10 hingga 12 jam waktu tidur.

Lalu, anak-anak usia 7 hingga 12 tahun membutuhkan waktu tidur 10 hingga 11 jam. Beberapa anak memang bisa membutuhkan waktu tidur yang lebih singkat, tapi banyak pula yang sesuai dengan polanya.

4. Waktu Tidur Bayi

Berbeda lagi dengan bayi, The Sleep Foundation merekomendasikan bahwa bayi yang baru lahir hingga usia tiga bulan membutuhkan waktu tidur antara 14 hingga 17 jam sehari.

Sejak usia 4 bulan hingga 11 bulan, jumlah waktu tidurnya akan turun sedikit karena mereka membutuhkan 12 hingga 15 jam sehari.

Saat bayi sudah mencapai tahap balita hingga usia 2 tahun, rata-rata jumlah tidurnya menjadi 11 hingga 14 jam. Jadi, orangtua wajib memahami pola tidur ini.

Berita Terkait

Berita Terkini