Info

Tak Hanya Menyegarkan, 6 Buah Berikut Bisa Bantu Turunkan Tekanan Darah

Beberapa buah sehat dan nikmat bisa membantu Anda menurunkan tekanan darah.

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana

Ilustrasi buah mangga. (Shutterstock)
Ilustrasi buah mangga. (Shutterstock)

Himedik.com - Tekanan darah tinggi adalah salah satu penyakit yang sering kali disebabkan oleh gaya hidup. Penyakit ini cukup umum dan menyerang jutaan orang di seluruh dunia.

Melansir dari Healthline, beberapa buah sehat dan nikmat bisa membantu. Dalam hal ini, berikut adalah enam buah yang perlu Anda konsumsi untuk membuat tekanan darah tetap terkontrol. 

1.Buah Sitrus

Buah sitrus seperti jeruk bali, jeruk biasa, dan lemon mungkin memiliki efek penurun tekanan darah yang kuat. Mereka sarat dengan vitamin, mineral, dan senyawa tanaman yang dapat membantu menjaga kesehatan jantung dengan mengurangi faktor risiko penyakit jantung seperti tekanan darah tinggi.

2. Semangka

Melansir dari Healthsots, semangka  perupakan buah rendah kalori ini manis dan menyegarkan yang juga sarat dengan nutrisi.

Semangka mengandung vitamin C dan A, kalium, asam amino, likopen, natrium, dan antioksidan yang membantu tubuh melawan tekanan darah tinggi.

Kiwi dan semangka. (Shutterstock)
Kiwi dan semangka. (Shutterstock)

3. Kiwi

Buah Kiwi memiliki antioksidan dan mineral kuat yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi Anda. Terlebih lagi, kiwi mengandung serat, vitamin C, dan folat yang juga membantu melancarkan pencernaan, meningkatkan kekebalan dan meningkatkan kesehatan kulit.

4. Mangga

Mangga juga merupakan buah yang bagus untuk tekanan darah tinggi. Buah ini merupakan sumber serat dan beta karoten yang bagus dan efektif dalam menurunkan tekanan darah.

5. Pisang

Menurut Badan Pengawas Obat dan Makanan (FDA), diet kaya kalium dan rendah natrium mencegah tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan stroke. Pisang adalah buah yang juga melancarkan pencernaan, membantu orang merasa kenyang lebih lama, dan melawan hipertensi.

Terlebih lagi, pisang adalah sumber yang kaya vitamin C dan serat yang menjadikannya buah musim panas yang sempurna untuk mengontrol kondisi tekanan darah Anda.

Ilustrasi pisang. (Shutterstock)
Ilustrasi pisang. (Shutterstock)

6. Buah Berry

Buah berry telah dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan yang mengesankan, termasuk potensinya untuk mengurangi faktor risiko penyakit jantung seperti tekanan darah tinggi. Buah berry adalah sumber antioksidan termasuk antosianin yang merupakan pigmen pemberi warna cerah pada buah.

Antosianin telah terbukti meningkatkan kadar oksida nitrat dalam darah dan mengurangi produksi molekul pembatas pembuluh darah yang dapat membantu mengurangi tingkat tekanan darah. Beberapa buah berry yang bisa Anda konsumsi adalah blueberry, raspberry, chokeberry, cloudberry, dan stroberi.

Berita Terkait

Berita Terkini