Info

Jangan Abaikan Pentingnya Cuci Tangan Usai Pakai Toilet, Ini Bahayanya!

Kebiasaan tidak cuci tangan setelah pakai toilet sangatlah buruk bagi kesehatan.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi mencuci tangan. (Shutterstock)
Ilustrasi mencuci tangan. (Shutterstock)

Himedik.com - Cuci tangan sebelum dan setelah melakukan sesuatu sangat disarankan untuk mencegah penyakit. Sayangnya, banyak orang mengabaikan pentingnya cuci tangan setelah menggunakan toilet.

Jika Anda termasuk orang yang tidak memiliki kebiasaan mencuci tangan setelah pakai toilet, maka Anda membuat kesalahan besar. Tak mencuci tangan pakai air dan sabun setelah pakai toilet bisa membahayakan kesehatan.

Karena, toilet dan kamar mandi adalah tempat berkembang biaknya patogen. Apalagi, bila Anda memakai toilet umum dan tidak mencuci tangan setelahnya. Maka kebiasaan itu bisa lebih buruk lagi.

Saat Anda tidak mencuci tangan, maka kuman dan bakteri akan berpindah dari tangan ke benda apapun yang disentuh. Hal inilah yang membuat patogen masuk ke dalam system tubuh, dari infeksi usus ringan hingga virus corona Covid-19.

Anda bisa tertular semuanya itu dengan tidak mencuci tangan. Jadi, mencuci tangan sebelum makan saja tidak cukup untuk mencegahnya.

Ilustrasi buang air besar, toilet (Unsplash/Giorgio Trovato)
Ilustrasi buang air besar, toilet (Unsplash/Giorgio Trovato)

Karena dilansir dari Times of India, ketika Anda meninggalkan toilet tanpa mencuci tangan dan menyentuh barang-barang pribadi, seperti ponsel atau botol minum. Anda telah memindahkan kuman ke benda-benda tersebut.

Saat Anda menyentuh kulit dengan tangan penuh kuman, maka Anda berisiko mengalami masalah kulit, terutama bagi pemilik kulit sensitif. Anda bisa mengalami ruam kulit, jerawat dan iritasi kulit.

Selain itu, Anda bisa menjadi pembawa patogen yang bisa mengontaminasi semua orang ketika bersentuhan tangan atau ketika tangan Anda menyentuh suatu permukaan.

Adapun panduan mencuci tangan menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), antara lain:

  1. Cuci semua area tangan yang terbuka
  2. Bilas tangan dengan air dan gunakan sabun untuk membersihkan kuman
  3. Gosok bagian belakang telapak tangan dan sela-sela jari
  4. Gosok bagian kuku
  5. Segera keringkan tangan setelah dicuci, karena kuman bisa menyebar di tangan yang basah
  6. Jangan membuang tisu setelah menyeka atau mengeringkan tangan, tapi tunggu setelah Anda membuka pintu keluar dan membuangnya.

Berita Terkait

Berita Terkini