Info

Dokter Sarankan Ganti Sikat Gigi Usai Sembuh dari Virus Corona Covid-19

Dokter gigi menyarankan pasien yang sembuh dari virus corona Covid-19 untuk mengganti sikat gigi.

Shevinna Putti Anggraeni

sikat gigi. (Pixabay)
sikat gigi. (Pixabay)

Himedik.com - Saat ini, vaksin Covid-19 merupakan upaya untuk mengatasi pandemi virus corona Covid-19. Tapi, para ahli meyakini bahwa vaksin Covid-19 belum bisa memberikan perlindungan 100 persen.

Karena itu, semua orang harus mengambil tindakan pencegahan yang sangat penting, baik bagi pasien yang baru saja sembuh maupun orang yang belum pernah terinfeksi virus corona Covid-19.

Seorang dokter gigi pun merekomendasikan pasien yang sembuh dari virus corona Covid-19 untuk segera mengganti sikat gigi. Karena, cara ini bisa mencegah terjadinya infeksi ulang dan penularan virus corona Covid-19 ke orang lain yang menggunakan kamar mandi bersama.

"Jika Anda tahu ada anggota keluarga atau teman yang baru tertular virus corona Covid-19, pastikan mereka langsung mengganti sikat gigi, pembersih lidah dan bahan pribadi lainnya setelah pulih. Karena benda-benda ini bisa menjadi tempat virus dan seharusnya dibuang," kata Dr Pravesh Mehra, Bedah Gigi HOD, Universitas Kedokteran Lady Hardinge, New Delhi dikutip dari Business Today.

Dr Bhumika Madan, Konsultan (Gigi), Aakash Healthcare Super Specialty Hospital, setuju dengan pendapat Dr Mehra mengenai sikat gigi dan benda-benda pribadi lainnya yang bisa menampung virus corona.

Ilustrasi sikat gigi. (Shutterstock)
Ilustrasi sikat gigi. (Shutterstock)

Dr Madan juga merekomendasikan orang yang sudah terinfeksi flu musiman, batuk dan pilek untuk mengganti sikat gigi, pembersih lidah dan benda-benda pribadi lainnya setelah sembuh.

"Hal yang sama juga kami sampaikan kepada pasien Covid-19. Jika sudah pernah terinfeksi, sebaiknya ganti sikat gigi dan pembersih lidah setelah 10 hari sejak gejala pertama muncul," kata Dr Madan.

Dr Madan menjelaskan bahwa bakteri dan virus bisa menumpuk dari waktu ke waktu di permukaan sikat gigi. Hal ini bisa menyebabkan infeksi saluran pernapasan atas.

"Kami juga menyarankan penggunaan obat kumur dan kumur betadine untuk membantu penumpukan virus atau bakteri sebagai tindakan pencegahan," jelasnya.

Jika obat kumur tidak tersedia, Dr Madan menyarankan kumur dengan air garam hangat yang berfungsi sama baiknya. Selain itu, Anda juga harus menjaga kebersihan mulut dan menyikat gigi dua kali sehari.

Berita Terkait

Berita Terkini