Info

Asma dan Bronkitis Sering Dianggap Sama, Dokter Jelaskan Bedanya

Bronkitis dan asma adalah dua penyakit yang berbeda, mulai dari penyebab hingga gejala yang ditimbulkan.

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi sesak napas. (Shutterstock)
Ilustrasi sesak napas. (Shutterstock)

Himedik.com - Asma dan bronkittis diketahui sebagai penyakit yang sama-sama menyerang saluran pernapasan. Namun sudahkah Anda tahu beda keduanya?

Menurut Dokter Spesialis Anak, dr. Lucky Yogasatria, Sp.A bronkitis dan asma adalah dua penyakit yang berbeda, mulai dari penyebab hingga gejala yang ditimbulkan.

Ia menjelaskan bahwa bronkitis adalah penyakit saluran napas yang terdiri dari 'bronkus' yang berarti saluran napas bawah dan 'itus' yang artinya peradangan.

"Jadi bronkitis adalah peradangan yang terjadi di saluran pernapasan bawah yang biasanya disebabkan oleh polutan udara yang membahayakan paru seperti asap kendaraan bermotor, rokok, dan segala jenis bahan beracun lainnya," jelas dr. Lucky melalui konten Instagramnya, dikutip dari Suara.com, Selasa (7/6/2022).

Jika bronkitis adalah peradangan, maka asma adalah penyakit pernapasan yang dimiliki seseorang karena alergi yang diturunkan orangtua atau genetik. Karenanya pemicunya harus diketahui, untuk mengontrol agar asma tidak kambuh.

"Asma merupakan penyakit yang menyerang seorang pasien yang memiliki saluran napas cenderung sensitif," tutur dokter yang sering memberikan edukasi di Klinik Kecil itu.

Sehingga saat pemicu asma bertemu dengan penderitanya, akan menyebabkan saluran napas mengkerut atau mengecil sehingga, saluran napas jadi tersendat dan terjadilah sesak napas asma. "Tapi kalau pemicunya hilang maka sesaknya juga akan hilang," jelasnya.

Meski bisa berbeda pada setiap orang, beberapa pemicu asma yang paling sering menyebabkan kekambuhan antara lain perubahan suhu kondisi geografis, alergen, aktivitas fisik, asap rokok, ekspresi emosi yang berlebihan, serta polusi udara.

Berita Terkait

Berita Terkini