Wanita

Enam Cara Merawat Telapak Kaki Kering dan Pecah-Pecah

Tips mudah merawat telapak kaki agar tetap kinclong.

Rauhanda Riyantama

Ilustrasi telapak kaki. (thinkstockphotos)
Ilustrasi telapak kaki. (thinkstockphotos)

Himedik.com - Bagi sebagian wanita, mungkin kaki menjadi salah satu mahkota di bagian tubuhnya. Untuk itu merawat dan menjaga kondisi kaki agar tetap kinclong wajib hukumnya. Terlebih pada telapak kaki agar terhindar dari kering dan pecah-pecah.

Berikut tips mudah merawat telapak kaki agar tetap kinclong.

1. Menggunakan alas kaki ketika berjalan ke tempat kotor

Jangan biarkan telapak kaki terlalu sering menyentuh permukaan yang kotor. Karena justru memperburuk kesehatan dan kecantikan kaki. Jadi harus menggunakan sepatu atau sandal yang pas untuk melindungi kaki, terutama di bagian tumit.

2. Selalu membersihkan telapak kaki saat mandi

Jangan biarkan kaki tetap kotor sehabis mandi. Pastikan sudah membersihkan telapak kaki seperti halnya bagian tubuh yang lain. Gosok telapak kaki secara perlahan menggunakan sabun pada bagian tumit. Gunakanlah sikat yang memiliki bulu halus sehingga tidak menyakiti telapak kaki. Lakukan setiap mandi di pagi hari atau sore hari.

3. Menggosok telapak kaki dengan batu apung

Ilustrasi membersihkan telapak kaki dengan batu apung. (shutterstock)
Ilustrasi membersihkan telapak kaki dengan batu apung. (shutterstock)

Alternatif lainnya adalah dengan menggosok telapak kaki dengan batu apung. Sebab batu apung mudah mengangkat sel kulit mati. Untuk hasil optimal, gosokkan batu apung saat mandi ke bagian telapak kaki yang kering dan pecah-pecah.

4. Menggunakan pelembab

Penyebab utama tumit kaki pecah-pecah adalah kulit telapak kaki kering. Untuk itu, gunakan pelembab agar kulit tetap lembab. Pastikan memilih produk pelemban yang terpercaya dan terbukti berkhasiat, sehingga tidak menimbulkan efek samping.

Lakukan cara ini sebelum memulai aktivitas pagi dan malam hari sebelum tidur. Setelah itu gunakan kaos kaki agar kelembaban pada kaki tetap terjaga.

5. Rendam telapak kaki di air hangat

Ilustrasi merendah kaki di air hangat. (shutterstock)
Ilustrasi merendah kaki di air hangat. (shutterstock)

Cara alami untuk menghilangkan permukaan kulit kering dan pecah-pecah yaitu merendamnya dengan air hangat. Cara ini terbukti efektif menyingkirkan sel kulit mati yang mengakibatkan permukaan kulit kasar dan kering.

6. Mengoleskan pisang atau alpukat

Pisang atau alpukat merupakan contoh bahan alami yang bisa digunakan untuk memberikan kelembaban dan melembutkan permukaan telapak kaki yang kasar. Caranya mudah, haluskan buah tersebut dengan sendok atau penumbuk kemudian oleskan pada telapan kaki sambil dipijat-pijat dengan lembut.

Itulah enam tips mudah merawat telapak kaki agar tetap bersih dan menawan Semoga bermanfaat girls!

Berita Terkait

Berita Terkini