Wanita

Sedang Haid? Berikut Empat Langkah Menjaga Kebersihan Miss V

Haid membuat wanita malas melakukan beragam aktivitas. Tapi jangan malas menjaga kebersihan miss V ya, ini langkahnya.

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Pembalut (khoobsurati)
Pembalut (khoobsurati)

Himedik.com - Sudah menjadi kodrat wanita, mengalami menstruasi setiap bulannya. Lamanya haid tiap wanita berbeda-beda tergantung usia. Tapi umumnya sekitar 2 hingga 7 hari.

Siklus haid tiap wanita juga berbeda yaitu berlangsung selama 21 hingga 35 hari. Tapi rata-rata berlangsung selama 28 hari.

Ketika haid, tentunya wanita harus rajin mengganti pembalut agar kebersihan miss V tetap terjaga. Sebagai saran, sebaiknya kamu mengganti pembalut setiap empat hingga enam jam sekali. Nah selain itu, kamu juga perlu melakukan empat langkah berikut ini.

1. Mencukur rambut kemaluan

Sebelum datang bulan, biasakan untuk mencukur rambut kemaluan. Ini karena rambut kemaluan yang terlalu banyak dan panjang bisa menyebabkan darah haid menggumpal.

Jika tidak dibersihkan dengan benar, darah haid yang menempel pada rambut kemaluan akan menjadi sarang bakteri dan jamur.

2. Memilih pembersih miss V

Normalnya, pH miss V berkisar antara 3,8 hingga 4,5. Jika kamu menggunakan pembersih dengan pH di atasnya, maka bisa menyebabkan miss V iritasi. Jadi jangan gunakan pembersih yang tidak cocok dengan pH miss V, seperti sabun mandi.

3. Membersihkan miss V dengan benar

Ketika membasuh miss V, basuhlah dari arah depan ke belakang supaya bakteri dari bagian saluran kencing tidak berpindah ke area miss V. Lalu jangan lupa keringkan miss V, karena permukaan yang lembap disukai jamur dan bakteri.

Tips cukur rambut kemaluan yang benar. (24h)
Ilustrasi mengeringkan area miss V. (24h)

4. Pakai celana dalam dengan bahan katun

Pakaian berbahan katun cukup baik dalam menyerap keringat. Hal ini tentunya baik digunakan sebagai bahan celana dalam. Pasalnya terkadang area sekitar miss V kerap berkeringat sehingga jika lembap akan menimbulkan rasa tidak nyaman dan semakin membuat betah jamur dan bakteri.

Berita Terkait

Berita Terkini