Anak

Ngeri, Anak 6 Bulan Terinfeksi Parasit di Matanya

Ternyata ini penyebabnya.

Rauhanda Riyantama | Yuliana Sere

Mata bayi 6 bulan yang terinfeksi. (feedytv)
Mata bayi 6 bulan yang terinfeksi. (feedytv)

Himedik.com - Hoan Hoan, bayi 6 bulan dari Wuhu, Provinsi Anhui, China dibawa ke rumah sakit oleh ibunya lantaran menangis yang tak kunjung henti.

Ia terus menangis sambil berulang kali mengusap matanya. Awalnya, ibu si bayi mengatakan mata anaknya gatal karena adanya kotoran.

Namun, ketika si kecil terus menangis kesakitan, ia pun merasa ada yang janggal dan mulai memerhatikan makhluk aneh di matanya.

Khawatir tentang kesehatan anaknya, sang ibu segera membawanya ke Rumah Sakit Pediatric Nanjing. Selesai diperiksa, dokter My Phuong mengatakan sesuatu yang membuat ibu ini terkejut.

Dokter mengatakan ada lima cacing hidup di mata sang anak yang membuatnya merasa gatal dan tak nyaman. Jalan operasi pun diambil.

Cacing berdiameter 1 mm dengan panjang 1-3 cm sebanyak lima ekor berhasil dikeluarkan dari mata Hoan Hoan. Obat antibiotik diberikan dan dokter merekomendasikan agar Hoan Hoan kembali ke rumah sakit setelah 20 hari.

Parasit berupa cacing yang berhasil dikeluarkan dari mata seorang anak. (feedytv)
Parasit berupa cacing yang berhasil dikeluarkan dari mata seorang anak. (feedytv)

Dokter menjelaskan lima cacing tersebut adalah parasit yang biasanya ditemukan pada hewan-hewan peliharaan seperti burung, kucing dan anjing. Parasit ini disebarkan melalui tanah atau air yang terkontaminasi kotoran hewan tersebut.

Ibu Hoan Hoan memang tak memiliki hewan peliharaan di rumah, namun ia sering mengajak anaknya bermain di rumah tetangganya yang memiliki anjing. Jadi, mungkin si kecil terinfeksi di sana.

Dokter menyarankan jika ada hewan peliharaan seperti anjing dan kucing maka segera cuci tangan dengan sabun setelah bersentuhan dengan mereka.

Ilustrasi. (feedytv)
Ilustrasi. (feedytv)

Imunitas anak sangat lemah sehingga risiko terkena penyakit memang lebih tinggi daripada orang dewasa. Untuk itu, orang tua harus benar-benar memastikan kebersihan anak.

Perbiasakan mencuci tangan sebelum dan sesudah makan dan jangan biarkan anak mengucek mata ketika tangan mereka kotor.

Berita Terkait

Berita Terkini