Info

Lima Efek Buruk Bangun Siang

Bangun siang ternyata memiliki efek buruk. Di antaranya hidup menjadi tidak produktif

Galih Priatmojo | Krishnayanti C

Tidur (okezone lifestyle)
Tidur (okezone lifestyle)

Himedik.com - Siapa yang punya kebiasaan bangun siang? Bagi beberapa orang, bangun siang itu jadi rutinitas yang sulit dihindari.

Tapi apakah kalian tahu bahwa bangun siang mendatangkan efek buruk bagi kesehatan. Apa saja efek buruknya?

1. Mengganggu metabolisme

Bangun kesiangan dan waktu tidur menjadi terlalu lama, dapat membuat tubuh kehilangan ritme kerjanya. Hal ini menyebabkan seseorang mudah lapar dan menambah porsi makan. Akibatnya tubuh seseorang menjadi gemuk.

2. Pusing

Pusing (unsplash)
Pusing (unsplash)

Cairan Serebrospinal bergerak menuju otak ketika kita tidur, jika terlalu lama tidur, akan semakin banyak cairan tersebut masuk ke otak. Banyaknya cairan ini membuat kepala sangat sakit hingga menyebabkan kebutaan.

3. Disorientasi

Terlalu lama tidur dapat menyebabkan tubuh disorientasi, akibatnya kita menjadi sulit untuk berkonsentrasi.

4. Kehilangan waktu produktif

Bangun siang jelas telah membuang beberapa waktu yang seharusnya bisa digunakan untuk hal-hal berguna. Jika bangun pagi, hidup kita pun menjadi lebih produktif.

Sering mendengar kata orang tua "jika bangun siang nanti rezekinya dipatok ayam"? Mungkin hal itu benar, karena hal yang seharusnya dapat kita lakukan justru diambil alih orang lain yang bangun lebih pagi.

5. Lesu

Hampir semua orang mengalami kondisi ini saat bangun tidur dan membuat badan terasa lemas. Jika sudah seperti ini, kita juga akan malas melakukan aktifitas apapun. Hal ini disebabkan karena sistem metabolisme tubuh masih bekerja dalam mode malam.

Berita Terkait

Berita Terkini