Info

Yuk Rawat Mata dengan Gerakan Senam Berikut Ini!

Senam mata bermanfaat untuk menguatkan otot mata dan meningkatkan fungsi mata.

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

pria memakai kacamata (TU Graz)
pria memakai kacamata (TU Graz)

Himedik.com - Siapa bilang senam hanya bisa dilakukan tubuh. Senam mata juga bisa lho! Gerakannya cukup mudah dan sederhana.

Gerakan ini akan sangat berguna untuk mengurangi mata lelah. Jika kamu menggunakan kacamata, lepas dulu kacamatamu ya sebelum melakukan gerakan senam ini.

1. Gerakan menutup mata

Awali senam dengan menutup mata kamu selama kurang lebih 30 detik. Rileks, tarik nafas dan hembuskan perlahan sembari menutup mata.

2. Gerakan memutar mata

Duduklah dengan tegap dan santai. Arahkan pandangan lurus ke depan. Mulailah gerakkan mata secara melingkar searah jarum jam. Lakukan perlahan dan berulang selama kurang lebih 10 kali.

Lanjutkan dengan menggerakkan mata melingkar ke arah berlainan.

gerakan senam mata (pinterest)
Gerakan senam mata. (pinterest)

3. Gerakan melirik

Duduk santai dan tutuplah mata kamu. Lalu, gerakkan mata ke atas sejauh mata bisa, tahan dan gerakkan ke bawah. Lakukan beberapa kali.

Buka mata kamu dan lihatlah sekitar. Tutup lagi dan lanjutkan dengan menggerakkan mata ke kiri dan ke kanan seperti cara sebelumnya.

4. Gerakan berkedip

Duduklah dengan nyaman, lalu berkediplah sebanyak 10 kali. Lakukan dengan cepat. Kemudian tutup mata selama 20 detik. Ulangi sebanyak lima kali.

Sebenarnya masih banyak gerakan senam mata yang bisa kamu lakukan. Seperti melihat benda jauh, mengubah fokus, dan melihat ujung hidung.

Supaya lebih mudah, kamu bisa kok melakukan senam mata dengan bantuan aplikasi yang bisa diunduh di smartphone kamu.

Berita Terkait

Berita Terkini