Info

Punya Kebiasaan Tidur Setelah Makan? Sebaiknya Hilangkan

Tak hanya obesitas, kebiasaan buruk ini dapat meningkatkan risiko stroke.

Rauhanda Riyantama | Krishnayanti C

Tidur setelah makan (unsplash)
Tidur setelah makan (unsplash)

Himedik.com - Apakah kamu termasuk orang yang memiliki kebiasaan tidur setelah makan? Tidur setelah makan memang hal yang paling nikmat untuk dilakukan.

Tetapi, ternyata kebiasaan ini merupakan kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan. Berikut gangguan yang dapat terjadi akibat kebiasaan tidur setelah makan.

1. Heartburn

Jika kamu makan mendekati waktu tidur, apalagi makan makanan tinggi lemak, perut akan terasa penuh dan kembung.

Parahnya, kamu akan mengalami heartburn. Heartburn adalah sensasi panas pada perut bagian atas bahkan hingga ke tenggorokan. Hal ini disebabkan naiknya asam lambung.

2. Obesitas

Obesitas yang dimaksud bukanlah hanya menambah berat badan, tapi dapat membuat badan kamu melar berkali-kali lipat, karena tubuh menumpuk lemak lebih banyak.

Terutama jika kamu mengonsumsi makanan berat dengan jumlah porsi yang banyak sebelum tidur.

3. Stroke

Penelitian oleh University of Ioannina Medical School di Yunani menunjukkan bahwa tidur setelah makan dapat meningkatkan risiko penyakit stroke.

Mengapa demikian? Beberapa teori mengatakan bahwa makan mendekati waktu tidur meningkatkan risiko naiknya asam lambung ke tenggorokan sehingga menyebabkan sleep apnea yang berhubungan dengan stroke.

Selain itu, juga disebabkan perubahan kadar gula darah, kadar kolesterol, dan tekanan darah yang berdampak pada peningkatan risiko stroke.

4. Acid reflux

Acid reflux merupakan suatu kondisi medis dimana asam lambung akan naik ke daerah kerongkongan atau tenggorokan. Ketika kamu mengonsumsi makanan, asam lambung akan keluar dan bekerja.

Namun, jika kamu langsung berbaring, asam lambung akan naik ke atas terutama bagian tenggorokan. Efeknya, saat bangun keesokan harinya tenggorokan terasa sakit dan perih.

5. Serangan jantung

Kebiasaan buruk ini juga dapat menyebabkan serangan jantung. Serangan jantung dapat terjadi akibat lemak yang menumpuk kemudian menyumbat bagian pembuluh darah.

Hal ini disebabkan ketika kamu langsung tidur setelah makan, tubuh tidak sempat membakar lemak dan kalori dalam tubuh.

Jika kamu masih melakukan kebiasaan tidur setelah makan, sebaiknya mulailah untuk menghilangkan kebiasaan buruk tersebut.

Berita Terkait

Berita Terkini