Info

Sering Sakit Tulang Belakang? Ini 4 Cara Menyembuhkannya

Mudah dan tidak banyak biaya kok.

Dany Garjito | Yuliana Sere

ilustrasi bangun tidur (verilymag)
ilustrasi bangun tidur (verilymag)

Himedik.com - Nyeri tulang belakang bisa disebabkan oleh banyak faktor, misalnya memikul beban yang berat, salah tidur atau duduk depan meja kerja yang terlalu lama.

Jika dibiarkan, sakit punggung bisa membahayakan. Untuk itu, kali ini HiMedik ingin memberikan empat cara menyembuhkan sakit tulang belakang, dilansir dari medical daily.

1. Gerakkan otot lebih sering

Sakit punggung sering disalahkan pada postur kita, terutama jika kita menghabiskan waktu berjam-jam membungkuk.

"Bayangkan jika kamu bangun satu hari dan kamu tidak pernah memalingkan kepala. Nah, pada akhirnya kamu akan sulit memutar kepala ke kiri atau ke kanan. Itu akan terasa kaku dan tidak nyaman," jelas Eric Robertson dari University of Southern California.

Cobalah untuk tetap mengubah posisi melalui berbagai gerakan. Pertimbangkan latihan sederhana sepanjang hari jika kamu bekerja di meja kerja. Misalnya meregangkan tangan.

2. Ubah posisi tidur atau kasur

Manfaat tidur tanpa bantal. (Snoring Canada)
Manfaat tidur tanpa bantal. (Snoring Canada)

Kamu yang rentan terhadap sakit punggung disarankan untuk menghindari tidur dalam posisi seperti janin.

Selain itu, jenis kasur juga berpengaruh. Pasalnya kasur yang lunak dan keras tampaknya memiliki efek yang bervariasi pada setiap individu. Pilihlah kasur yang tidak terlalu keras dan lunak.

3. Pilih tas yang lebih cocok

Tas jinjing terlihat lebih baik jika kamu kerap mengalami masalah sakit punggung. Tetapi jika kamu membawa banyak barang setiap hari, kamu mungkin ingin mengganti dengan ransel.

Dengan tas ransel, kamu dapat mengurangi beban berat dengan menempatkannya di kedua bahu, bukan satu.

tas ransel (bricklanebikes)
tas ransel (bricklanebikes)

Mengenakan tas dengan tidak benar dapat menyebabkan nyeri punggung, nyeri bahu, dan bahkan sakit kepala menurut Natalie Lovitz, direktur klinis terapi fisik profesional di New York City.

"Mengenakan tas di satu sisi dapat menyebabkan ketidakseimbangan otot di bahu dan tulang belakang. Ini bahkan bisa menyebabkan perubahan cara berjalan," katanya.

4. Gunakan bantal pemanas atau kantong es

Jika nyeri punggung adalah karena cedera, Dr. Rami Said dari Universitas Columbia merekomendasikan es untuk membantu meredakan peradangan dan pembengkakan.

Jika kamu merasa tulang susah digerakkan karena kaku, pilihlah bantalan pemanas. "Panas akan membawa lebih banyak aliran darah ke area tersebut, mengurangi kekakuan dan ketidaknyamanan.

Ini juga bisa mengurangi rasa sakit, sehingga kamu dapat bergerak sedikit lebih mudah," jelasnya.

Mudah kan? Kamu bisa lakukan beberapa tips di atas jika kamu mengalami sakit tulang belakang.

Berita Terkait

Berita Terkini