Wanita

Beby Tsabina Idap Skoliosis, Olahraga Ini Bisa Bantu Memperbaikinya!

Olahraga yoga bisa membantu memperbaiki atau meringankan kondisi penderita skoliosis, seperti Beby Tsabina.

Shevinna Putti Anggraeni

Beby Tsabina idap skoliosis [Suara.com/Alfian Winanto]
Beby Tsabina idap skoliosis [Suara.com/Alfian Winanto]

Himedik.com - Beby Tsabina mengaku menderita penyakit skoliosis cukup parah sejak SMP. Artis cantik itu juga tidak boleh beraktivitas berlebihan, seperti olahraga berat karena kondisinya tersebut.

"Aku selama ini enggak pernah lari lagi. Jadi ganti pilates," kata Beby Tsabina, ditemu di kawasan MH Thamrin, Jakarta Selatan, Kamis (28/10/2021).

Tetapi, Beby Tsabina mengaku kondisinya sudah cukup membaik. Ia memang menjalani beberapa perawatan untuk menyembuhkan skoliosisnya, mulai dari pengobatan alternatif dan tidur menggunakan kasur khusus.

Skoliosis dalah kelainan tulang belakang yang sering didiagnosis pada remaja. Kondisi ini memang cukup mempengaruhi ruang gerak penderitanya, terutama dalam berolahraga.

Namun dilansir dari Clevel and Clinic, penderita skoliosis masih bisa melakukan olahraga yoga. Meskipun, penderita skoliosis tidak bisa melakukan pose yoga tertentu.

Aktris Beby Tsabina ketika ditemui saat jumpa Pers Film Love Knots di Tanah Abang, Jakarta Pusat, Kamis (28/10/2021). [Suara.com/Alfian Winanto]
Aktris Beby Tsabina ketika ditemui saat jumpa Pers Film Love Knots di Tanah Abang, Jakarta Pusat, Kamis (28/10/2021). [Suara.com/Alfian Winanto]

Secapa umum, olahraga yoga itu mencakup teknik pernapasan dan pola pikir yang menawarkan banyak manfaat kesehatan untuk seluruh tubuh.

Yoga memang tidak bisa menyembuhkan skoliosis. Tetapi, Anda bisa memperbaiki skoliosis agar tidak semakin parah melalui yoga. Berikut ini, beberapa manfaat pose yoga untuk penderita skoliosis.

1. Memperkuat otot inti dan tulang belakang

Saat Anda melakukan yoga, otot-otot tubuh Anda akan meregang dan berkontraksi yang membuat tubuh lebih kuat. Peregangan otot-otot di sekitar tulang belakang bisa menyebabkan mobilitas tulang belakang toraks yang lebih baik dan segmen yang membentang dari pangkal leher ke perut.

Satu studi menemukan bahwa latihan yoga setidaknya selama 90 detik sehari selama 7 bulan membuat seperempat pasien mengalami peningkatan kelengkungan skoliosis mereka.

"Yoga bisa membantu menyeimbangkan otot yang tegang dan lemah pada penderita skoliosis. Pada gilirannya, cara ini bisa membantu membentuk postur tubuh lebih baik, terutam pada penderita skoliosis," kata Judi Bar, terapis yoga.

2. Menghilangkan rasa sakit dan ketegangan

Bar juga mengatakan yoga tidak akan menyembuhkan skoliosis, tetapi bisa membantu mengatasi rasa sakit dan memperkuat otot-otot di sekitar tulang belakang Anda.

Otot yang lebih kuat bisa membantu penyelarasan tulang belakang yang lebih baik. Pada akhirnya, hal ini akan berkaitan dengan pengurangan rasa sakit pada orang dengan skoliosis.

3. Meningkatkan kontrol napas

Pernapasan yang stabil selama latihan yoga bisa membawa oksigen ke otot dan membantu mengurangi stres yang bisa membantu mengurangi rasa sakit.

Bar mengatakan skoliosis bisa menyebabkan gangguan pernapasan pada beberapa orang. Salah satu manfaat terbaik dari yoga adalah membantu pernapasan lebih tenang dan keseimbangan otot. Kombinasi antara gerakan yoga, pernapasan dan peningkatan kesejahteraan secara keseluruhan adalah langkah terbaik untuk penderita skoliosis.

Berita Terkait

Berita Terkini