Info

Rachel Amanda Sembuh dari Tiroid, Lihat Penyebab Penyakit Ini

Ia divonis mengalami hipertiroid pada tahun 2014.

Rauhanda Riyantama | Yuliana Sere

Rachel Amanda. (Instagram/@auroramanda95)
Rachel Amanda. (Instagram/@auroramanda95)

Himedik.com - Aktris Rachel Amanda berhasil sembuh dari kanker tiroid setelah didiagnosis pada 2014. Berbagai cara ia lakukan untuk bebas dari penyakit tersebut.

Misalnya dengan melakukan olahraga yoga. Selain itu, wanita kelahiran Januari 1995 tersebut juga lebih menjaga asupan hariannya.

Diketahui ia mengalami hipertiroid yang membuatnya gampang merasa lelah. Selain gejala itu, HiMedik juga ingin mengulas lebih dalam terkait penyakit tiroid ini, dilansir dari webmd.

Gangguan tiroid dapat berkisar dari gondok kecil yang tidak berbahaya (kelenjar membesar) yang tidak memerlukan pengobatan. Masalah tiroid yang paling umum melibatkan produksi hormon tiroid yang abnormal.

Terlalu banyak menghasilkan hormon tiroid dikenal sebagai hipertiroidisme, sedangkan produksi hormon yang tidak cukup menyebabkan hipotiroidisme.

Rachel Amanda. (Instagram/@auroramanda95)
Rachel Amanda. (Instagram/@auroramanda95)

Apa penyebab masalah tiroid?

Beberapa penyebab penyakit tiroid sebagai berikut.

Semua jenis hipertiroidisme disebabkan oleh kelebihan hormon tiroid, tetapi kondisi ini dapat terjadi dengan beberapa cara.

1. Penyakit Graves (Gangguan sistem kekebalan tubuh dari kelenjar berbentuk kupu-kupu di tenggorokan): Produksi hormon tiroid terlalu banyak.

2. Adenoma beracun: Nodul berkembang di kelenjar tiroid dan mulai mengeluarkan hormon tiroid, mengganggu keseimbangan kimia tubuh.

3. Tiroiditis subakut: Peradangan tiroid yang menyebabkan kelenjar untuk mengeluarkan kelebihan hormon, menghasilkan hipertiroidisme yang umumnya berlangsung beberapa minggu tetapi dapat bertahan selama berbulan-bulan.

4. Kelenjar pituitari atau pertumbuhan kanker di kelenjar tiroid: Meskipun jarang, hipertiroidisme juga dapat berkembang dari penyebab ini.

Sedangkan penyebab hipotiroidisme, meliputi:

1. Tiroiditis Hashimoto: Pada gangguan autoimun ini, tubuh menyerang jaringan tiroid. Jaringan akhirnya mati dan berhenti memproduksi hormon.

2. Pengangkatan kelenjar tiroid: Tiroid mungkin telah diangkat secara operasi atau dihancurkan secara kimia.

3. Paparan berlebihan iodida: Dingin dan obat-obatan sinus. Kamu mungkin berisiko lebih besar untuk menderita hipotiroidisme jika kamu memiliki masalah tiroid di masa lalu.

4. Lithium: Obat ini juga telah menjadi salah satu penyebab hipotiroidisme.

Kondisi tiroid sebenarnya bisa dideteksi secara dini melalui kondisi tangan. Beberapa kondisi di bawah ini bisa jadi tanda kamu alami tiroid:

1. Tangan dingin
2. Kerutan di tangan
3. Kulit kuning
4. Kuku yang kekuningan
5. Kuku rapuh
6. Onikomikosis, kuku rusak yang disebabkan oleh infeksi jamur.

Berita Terkait

Berita Terkini