Info

Penderita Tekanan Darah Tinggi Cocok Ikuti Diet Ini

Yuk, cek!

Vika Widiastuti | Yuliana Sere

Tekanan darah tinggi. (unsplash)
Tekanan darah tinggi. (unsplash)

Himedik.com - Dengan terbiasa memulai beberapa kebiasaan makanan baru, termasuk menghitung kalori dan memperhatikan ukuran porsi, kamu dapat menurunkan tekanan darah.

Selain itu, kamu juga bisa mengurangi obat-obatan yang kamu butuhkan untuk mengendalikan tekanan darah tinggi.

Dilansir dari WebMD, makanan tinggi sodium bisa meningkatkan tekanan darah. Faktanya semakin sedikit natrium yang kamu konsumsi, semakin baik kontrol tekanan darah yang kamu miliki.

Untuk menurunkan natrium, coba beberapa langkah berikut:

1. Gunakan buku harian makanan untuk melacak garam dalam makanan yang kamu makan.

2. Usahakan untuk kurang dari 2.300 miligram (sekitar 1 sendok teh garam) setiap hari. Tanyakan kepada dokter untuk hal ini.

Siasat Gunakan Sedikit Garam. (pinterest)
Siasat Gunakan Sedikit Garam. (pinterest)

3. Baca label fakta nutrisi pada setiap paket makanan. Pilih makanan yang memiliki 5% atau kurang dari "Nilai Harian" natrium. Selain itu, hindari makanan yang memiliki 20% atau lebih nilai harian sodium.

4. Hindari makanan kaleng, makanan olahan, daging, dan makanan cepat saji.

5. Gunakan bumbu bebas garam.

Selain beberapa tips di atas, kamu juga harus tahu apa yang kamu makan. Makanan yang mengandung kalium, magnesium, dan serat, dapat membantu mengendalikan tekanan darah.

Jus kurang bermanfaat karena seratnya hilang. Tetap konsumsi buah dan sayuran utuh. Selain itu, kacang-kacangan, biji-bijian, daging tanpa lemak dan unggas adalah sumber magnesium yang baik.

Untuk menambah kalium, magnesium dan serta alami, pilihlah makanan seperti apel, pisang, brokoli, wortel, kacang hijau, anggur, kubis, mangga, melon, jeruk, nanas, kentang, kismis, bayam, labu, stroberi, ubi jalar, jeruk keprok, tomat, tuna, dan yogurt (bebas lemak).

Berita Terkait

Berita Terkini