Info

Ingin Mengatasi Diare? Yuk Coba Terapkan Pola Makan BRAT

Menerapkan pola makan BRAT mungkin bisa meringankan diare, begini penjelasannya.

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana

Diare/NewBranch
Diare/NewBranch

Himedik.com - Saat buang air besar setidaknya 3 kali dalam sehari dengan tekstur kotoran cair, maka Anda bisa diklasifikasikan sedang mengalami diare. Hal tersebut tentu akan mereportkan apalagi dibarengi dengan rasa sakit pada perut.

Melansir dari Insider, ada banyak makanan yang bisa Anda konsumsi untuk membantu menghentikan diare. Berbagai makanan hambar yang mudah dicerna adalah makanan terbaik untuk dimakan meredakan diare, salah satunya dengan pola makan BRAT.

BRAT sendiri merupakan singkatan dari Banana (pisang), Rice (nasi), Apple Sauce (saus apel), dan Toast (roti panggang). "Tetapi ini juga dapat mencakup makanan serupa seperti oatmeal dan sup atau kaldu," kata Amir Masoud, MBBS, ahli gastroenterologi bersertifikat di Yale Medicine.

Menrut Insider, pola makan BRAT sangat bagus untuk diare karena terdiri dari makanan rendah serat yang mudah dicerna dan dapat mengurangi jumlah makanan yang tidak tercerna yang mengalir melalui saluran pencernaan.

Konsumsi makanan-makanan tersebut dapat membantu tubuh menghasilkan lebih sedikit tinja. Berikut beberapa rinciannya, antara lain:

Ilustrasi sakit perut, asam lambung, mulas, diare (Pixabay/derneuemann)
Ilustrasi sakit perut diare (Pixabay/derneuemann)

1. Pisang

Pisang kaya kalium yang membantu karena tubuh Anda perlu mengganti nutrisi yang hilang setelah diare.

2. Nasi

Nasi putih biasa mudah dicerna dan dapat membantu mengikat tinja dan membuatnya lebih kencang saat dikeluarkan.

3. Saus Apel

Saus apel dibuat dari apel matang yang dihaluskan. Proses pembuatan saus apel memecah struktur sel apel sehingga membuatnya mudah dicerna tetapi tetap bergizi tinggi.

4. Roti Panggang

Roti tawar panggang adalah pilihan yang bagus untuk membantu diare karena mudah dicerna. Anda mungkin perlu menghindari roti gandum karena mengandung lebih banyak serat, sehingga lebih sulit dicerna.

Pola makan BRAT adalah panduan bermanfaat untuk beberapa makanan rendah serat. Selain itu, ada banyak makanan lain yang dapat membantu mengatasi diare, seperti sereal, biskuit, pasta biasa, hingga kaldu bening.

Berita Terkait

Berita Terkini