Info

Kenali Lima Gejalanya, Depresi Situasional Bisa Terjadi pada Siapa Saja

Depresi situasional bisa terjadi pada siapa saja, begini gejala yang perlu Anda kenali.

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana

Ilustrasi depresi - (Pixabay/geralt)
Ilustrasi depresi - (Pixabay/geralt)

Himedik.com - Depresi sendiri telah menjadi masalah kesehatan mental yang paling utama dan terjadi pada banyak orang. Dalam hal ini, depresi bisa muncul secara situasional atau terjadi di fase kehidupan tertentu, namun juga bisa terjadi dalam jangka panjang. 

Pada kondisi pandemi yang serba tak menentu membuat banyak orang mengalami gangguan depresi situasional. Melansir dari Huffpost, berikut adalah beberapa tanda bahwa Anda mengalami depresi situasional, antara lain:

1. Suasana Hati Berubah

Seperti pengalaman depresi lainnya, depresi situasional cenderung melibatkan suasana hati yang rendah dan perasaan sedih, bersalah atau putus asa. Anda mungkin juga mengalami lebih banyak kesulitan untuk merasakan kesenangan atau kegembiraan dari biasanya.

"Langkah pertama adalah menyadari bahwa telah terjadi perubahan dalam kesehatan mental Anda," kata said Greg Kushnick, psikologis di New York.

"Jika Anda tidak yakin, pertimbangkan untuk bertanya kepada seseorang yang mengenal Anda dengan baik, apakah dia telah menyaksikan perubahan dalam suasana hati Anda," imbuhnya.

2. Perilaku Anda Berubah

Selain perubahan suasana hati, berbagai perubahan perilaku juga dikaitkan dengan depresi situasional. Kondisi ini termasuk perubahan nafsu makan dan kebiasaan makan, pola tidur yang buruk atau berlebihan, sering menangis, isolasi sosial, kehilangan kesabaran, kehilangan energi, dan lain sebagainya.

"Orang mungkin terlibat pada pola makan berlebuh, perilaku sembrono, impulsif atau merugikan diri sendiri dengan zat atau seksualitas," kata Sue Varma, asisten profesor klinis psikiatri di NYU Langone Medical Center.

3. Gejala Terjadi Usai Mengalami Stres

Depresi situasional biasanya muncul karena kejadian atau tragedi yang membuat stres.

"Biasanya Anda akan melihat gejala emosi atau perilaku dalam tiga bulan setelah stresor tertentu terjadi dalam hidup Anda," kata Varma.

Ilustrasi depresi (shutterstock)
Ilustrasi depresi (shutterstock)

4. Mengganggu Aktivitas Harian

Dengan depresi situasional, Anda mungkin akan mengalami masalah dalam aktivitas harian Anda. Hal ini disebabkan karena Anda mengalami motivasi rendah dan kesulitan berkonsentrasi.

"Orang biasanya mengalami suasana hati yang rendah atau kecemasan yang cukup kuat untuk memengaruhi fungsi mereka, seperti tidak dapat fokus pada pekerjaan atau mengabaikan hubungan," kata Bartek.

5. Durasi Gejala Relatif Singkat

Depresi situasional memiliki durasi yang lebih pendek daripada bentuk depresi lainnya. Depresi situasional berakhir ketika kejadian yang membuat depresi berakhir.

Bartek mencatat bahwa gejala ini cenderung hilang sekitar enam bulan setelah pemicu stres berakhir. Meskipun gangguan seperti depresi situasional biasanya tidak memerlukan pengobatan untuk pengobatan, namun gangguan tersebut bisa serius dan dikaitkan dengan peningkatan risiko bunuh diri.

Berita Terkait

Berita Terkini