Info

Cegah Penyebaran Virus Corona, Ahli Sarankan Rutin Disinfeksi Sikat Gigi

Disinfeksi sikat gigi secara rutin bisa membantu mencegah penyebaran virus corona Covid-19.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi menyikat gigi, sikat gigi. (Pixabay)
Ilustrasi menyikat gigi, sikat gigi. (Pixabay)

Himedik.com - Ketersediaan vaksin menjadi harapan baru untuk menghentikan pandemi virus corona Covid-19. Meskipun semua orang tetap harus melakukan protokol kesehatan sebagai tindakan pencegahan paling efektif.

Selain melakukan 3M, sebuah penelitian baru mengungkapkan bahwa mendisinfeksi sikat gigi juga termasuk bagian penting dalam melindungi tubuh dari virus corona Covid-19.

Seandainya Anda terinfeksi virus corona tanpa gejala, lalu menyimpan sikat gigi Anda dan anggota keluarga lainnya dalam satu tempat sama. Hal itu bisa membuat virus yang ada dalam sikat gigi Anda menyebar ke sikat gigi milik anggota keluarga lainnya.

Sejauh ini, semua orang hanya memahami memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan adalah tindakan pencegahan virus corona. Tapi, peneliti dari Brasil menyarankan disinfeksi sikat gigi adalah langkah pencegahan tambahan yang bisa dilakukan.

Studi dalam Journal of Infectious Diseases dilansir dari Times of India, para peneliti menunjukkan bahwa sikat gigi bisa bertindak sebagai reservoir mikroorganisme yang mudah menularkan penyakit dari orang sakit ke orang sehat.

Ilustrasi Virus Corona (Unsplash/CDC)
Ilustrasi Virus Corona (Unsplash/CDC)

Temuan ini cukup mengejutkan, karena jumlah viral load virus diketahui cukup tinggi dalam air liur, nasofaring dan orofaring.

Karena itu, disinfeksi sikat gigi dan menjaga kebersihan mulut harus dilakukan untuk mengendalikan penularan virus corona Covid-19. Khususnya, pada kasus tanpa gejala atau mereka yang masih menunggu hasil tes virus corona.

Namun, temuan tentang air liur bisa menyebabkan penularan virus corona bukan studi pertama kali. Penelitian di Journal of Infectious Diseases pada Juli 2020, juga menyampaikan beberapa obat kumur dapat mengurangi viral load virus corona dalam air liur.

Hasil penelitian menyatakan bahwa penggunaan larutan antiseptik yang mengandung etanol dan minyak atsiri, seperti Listerine Cool Mint bisa menurunkan jumlah virus corona dalam air liur.

Peneliti Brasil menyimpulkan bahwa penting untuk merendam sikat gigi menggunakan obat kumur selama 20 menit. Tapi, penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa seseorang hanya perlu berkumur dengan larutan selama 30 detik untuk mengurangi viral load di mulutnya.

Selain itu, mencelupkan sikat gigi ke dalam larutan saya tidak cukup untuk mengurangi risiko infeksi. Para peneliti juga telah menetapkan 6 langkah untuk menyelesaikan tugas kebersihannya.

  • Langkah 1 : Cuci tangan Anda dengan air dan sabun atau handsanitizer yang mengandung alkohol 70 persen.
  • Langkah 2 : Disinfeksi pegangan sikat gigi dengan alkohol 70 persen selama 1 menit.
  • Langkah 3 : sikat gigi.
  • Langkah 4 : Cuci sikat gigi setelah selesai dan disinfeksi gagang sikat gigi dengan alkohol 70 persen selama satu menit.
  • Langkah 5 : Celupkan bagian kepala sikat gigi ke dalam larutan pembersih etanol atau minyak esensial selama 20 menit.
  • Langkah 6 : Biarkan sikat gigi mengering dan simpan di tempat terpisah dengan sikat gigi lainnya.

Berita Terkait

Berita Terkini