Info

Turunkan Tekanan Darah Tinggi, Cobalah Berendam Air Panas 2-3 Kali Seminggu

Berendam air panas bisa membantu mengatasi menurunkan tekanan darah tinggi.

Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi bak mandi, berendam air panas (Pixabay/ErikaWittlieb)
Ilustrasi bak mandi, berendam air panas (Pixabay/ErikaWittlieb)

Himedik.com - Tekanan darah tinggi atau hipertensi terjadi ketika darah mendorong dinding arteri terlalu kuat, sehingga arteri menyempit yang meningkatkan risiko penyakit jantung.

Untungnya, seseorang bisa menurunkan tekanan darah dengan beberapa penyesuaian dalam diet dan gaya hidup. Beberapa aktivitas santai sehari-hari pun bisa membantu mengatasi tekanan darah tinggi.

Berendam di bathub atau berjemur di sauna termasuk aktivitas santai yang bisa membantu mencegah serangan jantung dan stroke akibat tekanan darah tinggi, bila dilakukan secara rutin.

"Suhu di bathub dan sauna yang lebih hangat menyebabkan pembuluh darah melebar, sehingga membantu menurunkan tekanan darah tinggi," kata Dr Adolph Hutter, profesor kedokteran di Harvard Medical School dikutip dari Express.

Selain itu, aktivitas santai ini juga membantu meningkatkan volume darah yang dipompa ke jantung, terutama ketika berendam di bathub air yang berisi air hangat.

Tekanan darah tinggi, hipertensi (Pixabay/McRonny)
Tekanan darah tinggi, hipertensi (Pixabay/McRonny)

"Hal itu terjadi karena tekanan air pada tubuh membantu meningkatkan beban kerja jantung," jelasnya.

Menurut sebuah studi tahun 2008 yang melibatkan tikus, berendam air hangat mengaktifkan heat shock proteins (HSP). HSP adalah protein yang proses transkripsinya diinduksi oleh adanya stres akibat suhu tinggi atau heat shock.

Kelompok molekul ini melindungi sel dari panas, dingin, dan gula darah rendah. Proses ini juga akan membantu memblokir respon inflamasi, meningkatkan fungsi insulin dan mencegah intoleransi glukosa yang disebabkan oleh obesitas.

Secara potensial, hal ini sangat menguntungkan bagi penderita diabetes tipe 2 karena membantu mengurangi gen dalam protein heat shock HSP72.

Penelitian yang diterbitkan dalam JAMA Internal Medicine edisi 2015 mengevaluasi efek kardiovaskular dari berjemur di sauna pada lebih dari 2.300 pria paruh baya. Manfaat kesehatan yang nyata mencakup mencegah kematian akibat serangan jantung, stroke dan berbagai kondisi yang berhubungan dengan jantung.

Orang yang melakukannya sebanyak dua atau tiga kali seminggu memiliki 23 persen lebih rendah terkena penyakit jantung koroner atau penyakit kardiovaskular yang fatal. Mereka yang berpartisipasi empat hingga tujuh kali seminggu mengalami risiko 48 persen lebih rendah dari insiden serupa.

Sebuah penelitian yang diterbitkan di National Library of Health juga menyelidiki keamanan mandi air panas atau berjemur di sauna bagi orang yang berisiko hipertensi.

Penelitian ini melibatkan 21 pasien (18 pria dan 3 wanita berusia 43-76 tahun) dengan hipertensi stabil yang diobati dan 23 subjek kontrol (14 pria dan 9 wanita berusia 19-83 tahun) tanpa hipertensi.

Mereka mengukur tekanan darah sistolik dan diastolik serta detak jantung selama berendah di bathub dengan suhu air 40 derajat celcius dalam 10 menit.

Tak satu pun subjek yang mengalami pusing, nyeri dada atau palpitasi. Selama berendam tekanan darah sistolik pada kedua kelompok mengalami penurunan. Kedua kelompok menunjukkan penurunan tekanan darah yang substansial.

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa berendam di air panas atau sauna dapat membantu menurunkan tekanan darah seseorang. Jadi, cara ini cukup meyakinkan bagi orang yang memiliki risiko sakit jantung.

Berita Terkait

Berita Terkini