Info

Vaksin Covid-19 Bantu Ibu Menyusui Lindungi Bayinya Lewat ASI

Ibu menyusui yang suntik vaksin Covid-19 bisa melindungi bayinya dari virus corona Covid-19 melalui ASI-nya.

Shevinna Putti Anggraeni

Ilsutrasi ibu menyusui, ASI - (Shutterstock)
Ilsutrasi ibu menyusui, ASI - (Shutterstock)

Himedik.com - Para ahli telah mendorong semua ibu hamil dan ibu menyusui untuk suntik vaksin Covid-19. Karena, risiko keamanan mengenai vaksin Covid-19 bagi ibu hamil dan ibu menyusui tidak terbukti.

Studi baru justru menemukan ASI dari ibu menyusui yang suntik vaksin Covid-19 akan mengandung tingkat antibodi yang cukup tinggi sehingga mampu melindungi bayinya dari virus corona.

Studi ini dilakukan antara Desember 2020 hingga Maret 2021 ketika vaksin Pfizer dan Moderna pertama kali tersedia untuk petugas kesehatan di Amerika Serikat.

Para peneliti melibatkan 21 petugas kesehatan wanita yang masih menyusui dan belum pernah tertular virus corona Covid-19.

Para peneliti mengambil sampel ASI dan darah para peserta sebanyak 3 kali, yakni sebelum mereka vaksinasi, setelah dosis pertama dan setelah dosis kedua.

Mereka menemukan ada respons antibodi yang kuat di dalam darah dan ASI para peserta setelah menerima dosis kedua vaksin Covid-19. Bahkan, peningkatan jumlah antobodi terhadap virus corona ini sekitar 100 kali lipat dibandingkan sebelum vaksinasi.

Ilustrasi ibu Menyusui. (Shutterstock)
Ilustrasi ibu Menyusui. (Shutterstock)

Data studi ini juga menunjukkan tingkat antibodi dalam ASI ibu menyusui yang suntik vaksin Covid-19 jauh lebih tinggi daripada antibodi yang diperoleh ibu menyusui akibat infeksi alami.

Menurut para peneliti, temuan ini sangat penting karena bayi baru lahir memiliki sistem kekebalan yang belum berkembang sempurna, sehingga mereka akan kesulitan melawan infeksi penyakit sendiri.

Selain itu, mereka juga masih terlalu muda untuk merespons secara memadai terhadap jenis vaksin Covid-19 tertentu.

"Temuan kami menunjukkan bahwa vaksinasi menghasilkan peningkatan antibodi terhadap virus corona Covid-19 dalam ASI yang signifikan. Hal ini menunjukkan ibu menyusui yang vaksinasi bisa menularkan kekebalannya kepada bayi mereka melalui ASI," kata Joseph Larkin III, penulis senior studi dan profesor di University of Florida dikutip dari Express.

Menurut Kesehatan Masyarakat Inggris (PHE), vaksin Pfizer dan Moderna adalah vaksin Covid-19 yang tergolong baik bagi ibu hamil dari segala usia.

Tapi, semua ibu hamil yang sudah mulai vaksinasi dan tinggal menunggu suntikan kedua harus memastikan dirinya mendapat jenis vaksin Covid-19 yang sama, kecuali mereka mengalami efek samping yang tak tertahankan setelah suntikan vaksin Covid-19 pertama.

Berita Terkait

Berita Terkini